Berita

Lanud Abdulrachman Saleh Buka Area Baru Paralayang di Banyuwangi

Dibaca: 18 Oleh 15 Des 2021Tidak ada komentar
4 5
#TNIAU 

TNI AU. Kepala Dinas Pembinaan Potensi Dirgantara (Kadispotdirga) Lanud Abdulrachman Saleh Kolonel Tek Chaeruman, S.T.,M.M, bersama staf Dispotdirga berhasil membuka area baru olah raga paralayang di Pegunungan Menyan, Desa Kalibaruwetan Kecamatan Kalibaru, Banyuwangi, Senin (13/12) dengan menerbangkan untuk pertama kalinya empat atlet paralayang dari Gunung Menyan dan mendarat di Desa Kalibaruwetan.

Kadispotdirga Lanud Abdulrachman Saleh Kolonel Tek Chaeruman, S.T.,M.M, menyampaikan disela-sela safari Potdirga Lanud Abdulrachman Saleh di tiga wilayah Kabupaten yaitu Lumajang, Jember dan Banyuwangi, staf Dispotdirga Lanud Abdulrachman Saleh yang juga membawa empat atlet paralayang ingin terbang dengan parasut dari Gunung Menyan. Dijelaskan Gunung Menyan sebetulnya telah disurvei sekitar setahun yang lalu oleh Staf Binpotdirga Lanud Abdulrachman Saleh atas permintaan Mohamad Taufik, S.H., sebagai Kepala Desa Kalibaruwetan waktu itu. Pada akhir tahun ini, dengan segala sesuatunya yang telah mendukung, diantaranya persiapkan area untuk take off dan landing (dalam waktu sehari) mampu membuahkan hasil dapat diterbanginya Gunung Menyan oleh atlet-atlet paralayang dari Lanud Abdulrachman Saleh menggunakan parasut terbang yang aman.

Baca juga:  559 Anggota Pramuka Se-Jabodetabek Ikuti Lomba Keterampilan Pramuka Penggalang Di Lanud Halim Perdanakusuma

Ditambahkan Kolonel Tek Chaeruman empat atlet paralayang Lanud Abdulrachman Saleh tersebut adalah Lettu Sus Edi Susanto, Serka Edi Kurniawan, Serka Sutrisno dan Kopda Andik Prasetyo yang telah menyiapkan diri sejak pukul 14.00 WIB di Gunung Menyan. Dengan persiapan yang memadai akhirnya mereka take off secara bergiliran dari Gunung Menyan, kemudian berhasil terbang dengan aman, melayang-layang di atas Desa Kalibaruwetan yang berdekatan pula dengan akses jalan raya provinsi untuk kemudian landing di titik pendaratan. Warga Desa Kalibaruwetan termasuk pejabat daerah setempat memberikan aplus pada para atlet paralayang dari Lanud Abdulrachman Saleh karena berhasil terbang untuk pertama kalinya dari Gunung Menyan dan mendarat di daratan dengan sempurna.

 Kopda Andik Prasetyo usai terbang menyampaikan dengan dapat diterbanginya area Gunung Menyan oleh atlet paralayang tersebut diharapkan generasi muda Banyuwangi ada yang tumbuh minat kedirgantarannya dan menggeluti olah raga dirgantara hingga dapat berprestasi di tingkat daerah bahkan internasional. Dijelaskan secara teknis area Gunung Menyan sangat mendukung untuk aktifitas penerbangan seperti angin yang tidak kencang, pohon-pohon tidak terlalu menjulang, daratan yang aman dan aspek lainnya.

Baca juga:  Denhanud 474 Paskhas Apel Kesiapsiagaan (Operation Readiness) Penanggulangan Bencana

 Sedangkan Camat Kalibaru Susanto Wibowo menyambut gembira dapat dimanfaatkannya Gunung Menyan untuk aktifitas kedirgantaraan seperti olah raga paralayang. Ke depan diharapkan akan dibentuk organisasi FASI di Banyuwangi agar spot olah raga kedirgantaraan tersebut dapat berkembang, kemudian menjadi destinasi olah raga kedirgantaraan dan juga wisata baru bagi masyarakat serta wilayah Kabupaten Banyuwangi.

 

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel