Berita

Lanud Abdulrachman Saleh Dukung Latihan PKD Bandara 2019

Lanud Abdulrachman Saleh Dukung Latihan PKD Bandara 2019
#TNIAU 

TNI AU. Lanud Abdulrachman Saleh, Malang, mendukung secara penuh pelaksanaan Latihan Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) UPT Bandara Abdulrachman Saleh Tahun 2019 di lingkungan landasan Lanud Abdulrachman Saleh, Selasa (26/11).  Acara dihadiri oleh berbagai pejabat terkait dari Dinas Perhubungan Jawa Timur dan Malang Raya, Otoritas Bandara Wilayah III, pejabat TNI, Kepolisian dan sipil Malang Raya serta para stakeholder.

 Acara diawali dengan pembukaan di Gedung VVIP Lanud Abdulrachman Saleh dengan susunan acara menyanyikan lagu Indonesia Raya, laporan ketua panitia, sambutan Danlanud Abdulrachman Saleh, sambutan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur dan doa.  Selanjutnya rombongan menuju ke ujung landasan untuk melihat dari dekat simulasi penanggulangan keadaaan darurat berupa pertolongan terhadap satu pesawat terbang komersiil yang mengalami kegagalan satu mesin yang menyebabkan kebakaran.

Dalam sambutan pembukaannya Komandan Lanud Abdulrachman Saleh Marsma TNI Hesly Paat yang dibacakan Koamndan Wing 2 Lanud Abdulrachman Saleh Kolonel Pnb Eko Sujatmiko, S.E.,M.M. Disampaikan ucapan selamat atas terselenggaranya latihan PKD tahun 2019 sebagai program dua tahunan Bandara. Disampaikan sebagai enclave sipil, keberadaan UPT Bandara Abdulrachman Saleh berada di lingkungan pangkalan udara militer dalam hal ini Lanud Abdulrachman Saleh.  Selama ini hubungannya diupayakan untuk senantiasa dibina saling pengertian dalam arti mengutamakan operasional penerbangan militer terlebih dahulu dengan tidak mengesampingkan penerbangan komersiil.

 Sementara itu Kadishub Provinsi Jawa Timur dalam sambutannya yang dibacakan Kepala UPT Bandara Abdulrachman Saleh Ir. Suharno, latihan merupakan upaya memenuhi ketentuan Undang-Undang Nomor 1 tentang Penerbangan yaitu menyelenggarakan latihan keadaan darurat dua tahun sekali bagi pengelola bandara.  Selain itu juga untuk uji personel, uji peralatan dan uji dokumen seberapa sesuai dengan keadaan nyata di lapangan ketika terjadi keadaan darurat di lingkungan Bandar udara.

Selanjutnya di lokasi ujung landasan segenap undangan menyaksikan simulasi latihan PKD diawali dengan melihat skenario urutan kejadian hingga tindakan dari berbagai pihak terkait dari tayangan video. Usai tayangan video praktek penyelamatan korban kecelakaan pesawat oleh berbagai unsur seperti tim base rescue Lanud Abdulrachman Saleh, PKP PK  Bandara  dan Denmatra 2 Paskhas, tower, Rumah Sakit, Pemadam Kebakaran, Satpomau dan pihak-pihak lainnya.  Semua melaksanakan fungsinya masing-masing dengan sigap untuk saling koordinasi, komunikasi dan bekerjasama menanggulangi keadaan darurat yaitu penyelamatan korban kecelakaan sebuah pesawat terbang, agar korban segera mendapat penanganan yang cepat, tepat dan terarah juga memadamkan kebakaran yang terjadi pada sebuah pesawat terbang.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel