Berita

Lanud Abdulrachman Saleh Gelar Upacara Peringatan Hari Bela Negara Ke-71

Lanud Abdulrachman Saleh Gelar Upacara Peringatan Hari Bela Negara Ke-71
#TNIAU 

TNI AU. Komandan Pangkalan TNI AU (Lanud) Abdulrachman Saleh Marsekal Pertama (Marsma) TNI Hesly Paat pimpin upacara (sebagai Inspektur Upacara) peringatan Hari Bela Negara ke-71 Tahun 2019 bertempat di Taxy Way Skadron Udara 32 Wing 2 Lanud Abdulrachman Saleh, Malang, Kamis, 19/12/2019 berlangsung khidmat, aman, lancar dan tertib.

Dalam amanat Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo yang dibacakan Danlanud menyampaikan “Dewasaini, kita sama-sama cermati bahwa tantangan yang dihadapi bangsa dan Negara kita, semakin hari semakin berat dan beragam bentuknya. Sebagaimana yang telah diingatkan oleh bung Karno, bahwa perang modern bukan sekedar perang militer, melainkan peperangan yang menyangkut seluruh aspek kehidupan masyarakat. Dengan demikian, tidak hanya militer yang berperan membangun ketahanan Indonesia, tapi juga menuntut peran seluruh komponen bangsa demi kelangsungan hidup dan keutuhan NKRI.

Lebih lanjut Presiden R.I. menyampaikan “Salah satu berkah yang telah mengantarkan kemerdekaan tanah air kita adalah digalinya kembali Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup bangsa dan nilai dasar bela negara. Pancasila adalah visi final bangsa dan Negara Indonesia yang menghendaki pembangunan manusia paripurna.

Baca juga:  Tim Monitoring dan Evaluasi Kemhan Kunjungi Lanud Sultan Iskandar Muda

“Manusia paripurna tidak hanya memiliki kapasitas dan keterampilan yang tinggi untuk pemenuhan kebutuhan sendiri dan golongannya. Manusia paripurna mensyukuri berkah kebhinnekaan dan mensinergikan beragam kekuatan, siap menghadapi interaksi dan persaingan global yang semakin kompetitif, serta menginsyafi dirinya semata sebagai mahluk Tuhan YME.Inilah landasan prioritas bela Negara untuk pembangunan SDM unggul yang diarahkan kepada perwujudan manusia Indonesia paripurna berdasarkan Pancasila”.tambah Presiden Republik Indonesia.

“Dengan demikian, bagi yang berbakti dalam birokrasi pemerintahan, teruslah mereformasi diri serta meningkatkan transparansi dan akuntabilitas . yang belajar dan mengajar, teruslah meningkatkan kearifan dan pengabdian masyarakat berbasis nilai-nilai kebangsaan kita. Yang mengabarkan berita, teruslah menjadi penerang informasi masyarakat secara jujur, berimbang dan bertanggungjawab.Yang menjalankan usaha, tingkatkanlah terus daya saing secara sinergis dengan segenap tujuan negara. Demikian pula segenap masyarakat dengan beragam profesinya, jadikan bidang profesi masing-masing sebagai lading bela negara”.pungkas Presiden R.I. Ir. Joko Widodo.

Upacara peringatan Hari Bela Negara ke-71 tahun 2019 diawali dengan Penghormatan kepada Inspektur Upacara, Pengibaran Bendera Merah Putih, mengheningka cipta, pembacaan teks Pancasila dan Ikrar Bela Negara, pembacaan Amanat Presiden R.I.,menyanyikan Mars Bela Negara dan Pembacaan Doa.

Baca juga:  ANGGOTA LANUD SIM TURUT SERTA FUN BIKE 16 KM

Turut hadir pada upacara tersebut para kepala dinas, komandan satuan, pejabat staf, perwira, bintara, tamtama dan PNS dari Jajaran Lanud Abdulrachman Saleh beserta Insub.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel