Berita

Lanud Adi dan Warga Keruk Saluran Irigasi

Dibaca: 13 Oleh 01 Des 2010Tidak ada komentar
M 458 NA B 25 Mitchell Indonesian Airforce 7168661149
#TNIAU 

Akibat erupsi Gunung Merapi, beberapa sungai di wilayah Yogyakarta dipenuhi material Merapi, baik berupa pasir maupun kerikil. Tak terkecuali saluran irigasi skunder di desa Blendangan Kalurahan Tegaltirto Kecamatan Berbah Kabupaten Sleman. Saluran irigasi yang terletak di sebelah timur Kampus Akademi Angkatan Udara ini, mengalami pendangkalan.

 

Kepala Kelurahan Tegaltirto, Susilo Nugroho, S.IP menuturkan, selama ini saluran irigasi desa Blendangan berfungsi untuk mengairi sawah warga seluas 192 ha di 5 pedukuhan. Namun setelah erupsi Merapi, saluran irigasi Blendangan penuh dengan pasir. Seiring dengan pendangkalan saluran irigasi dan curah hujan yang tinggi, Susilo Nugroho mengkhawatirkan, banjir akan merendam persawahan milik warga sekitar.

 

Menyikapi keadaan ini, Rabu (1/12) sebanyak 250 warga Tegaltirto melakukan pengerukan. Pengerukan dibantu 1 SST anggota Pangkalan Udara Adisutjipto dibawah komando Mayor Psk Sumardi.

 

Kegiatan bersama antara Lanud Adisutjipto dan warga masyarakat yang tergabung dalam “Padat Karya” ini menurut Mayor Psk Sumardi merupakan wujud manunggalnya TNI dan rakyat.

 

Di samping pengerukan saluran irigasi, aksi tanggap bencana TNI AU untuk para pengungsi Gunung Merapi hingga pekan ini masih berlangsung. Anggota Lanud Adisutjipto yang tergabung dalam Kompi Siaga, ditempatkan di Desa Tirto Martani Kecamatan Kalasan.

 

Di desa tersebut, anggota Lanud Adisutjipto bersama para relawan, melakukan berbagai kegiatan antara lain penyaluran logistik ke berbagai titik dan pelayanan kesehatan masyarakat.

Baca juga:  Wasrik BPK RI Di Wingdiktekkal

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel