Berita

Lanud Adi Gelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2013

Dibaca: 1 Oleh 01 Okt 2013Tidak ada komentar
Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala
#TNIAU 

Anggota Pangkalan Udara Adisutjipto dan segenap anggota Akademi Angkatan Udra , Selasa (1/10) mengikuti Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Lapangan Jupiter Lanud Adisutjipto. Selain itu, upacara juga diikuti anggota Paskhas Kompi E dan siswa Sekolah Penerbang dan Karbol. Bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Komandan Pangkalan TNI AU Marsekal Pertama TNI Agus Munandar, SE.

Usai mempimpin upacara, Komandan Pangkalan TNI AU Marsekal Pertama TNI Agus Munandar, SE.menerangkan, penyelenggaraan peringatan Hari Kesaktian Pancasila sesungguhnya merupakan salah satu upaya untuk memelihara ingatan kita, tentang Pancasila sebagai idiologi yang harus terus dipegang teguh oleh seluruh komponen bangsa. Di samping itu, peringatan Hari Kesaktian Pancasila, juga merupakan sarana untuk mengingatkan seluruh komponen bangsa tentang catatan hitam yang pernah terjadi di dalam perjalanan sejarah bangsa, yaitu peristiwa Gerakan 30 September yang dilakukan oleh Partai Komunis Indonesia Tahun 1965.

Gerakan yang hendak mengubah Pancasila sebagai idiologi bangsa, tegas Marsekal Pertama TNI Agus Munandar, SE, berhasil ditumpas, sehingga Pancasila tetap bertahan sebagai idiologi bangsa sampai dengan saat ini.

Baca juga:  KETUM PIA AG KUNJUNGI PIA GABUNGAN IV PASKHAS

“Keberhasilan menumpas Gerakan 30 September 1965 itulah yang kemudian menginspirasi pemerintah untuk menetapkan tanggal 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila,” terangnya.

Komandan Lanud Adi menambahkan bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi nilai-nilai luhur Idiologi Pancasila, Bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara kesatuan Republik Indonesia. 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel