TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Lanud Adi Soemarmo Adakan Latihan SAR Gabungan

By 28 Jun 2018 Berita, Kodiklatau
DSC_9375

TNI AU.   Komandan Lanud Adi Soemarmo Kolonel Pnb Indan Gilang B. S.Sos,  membuka latihan Search and Rescue ( SAR )  gabungan antara Lanud Adi Soemarmo dan  SAR Human nature Care ( HNC ) di Lapangan Dirgantara Lanud Adi Soemarmo, Kabupaten Karanganyar, Selasa (26/6).

Dalam sambutannya Danlanud Adi Soemarmo mengatakan  tujuan dilaksanakan SAR adalah untuk membina dan meningkatkan kemampuan serta ketrampilan SAR personel Lanud Adi Soemarmo  baik perorangan maupun team dalam situasi yang disimulasiikan

Selain itu menurut Danlanud,  latihan SAR ini juga bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan dan ketrampilan, mencari serta memberikan pertolongan kepada korban.

“Sehingga setelah latihan ini para personel Lanud Adi Soemarmo diharapkan mampu mengawaki sarana dan prasarana sekaligus meningkatkan kesiapan operasional SAR baik personel maupun segala perangkat pendukungnya dalam rangka penanganan bencana” ungkapnya.

Diakhir sambutannya Danlanud  menekankan  kepada seluruh peserta latihan agar melaksanakan  program latihan ini dengan baik, sungguh-sungguh dan  penuh semangat,  serta mematuhi semua prosedur latihan yang berlaku, sehingga dapat diperoleh hasil yang optimal  sesuai dengan program latihan yang telah direncanakan dengan tetap mengutamakan faktor keselamatan dan keamanan kerja.

Pada kesempatan yang berbeda Ps. Kasi Oplat (Operasi dan Latihan ) Disops Lanud Adi Soemarmo Kapten Lek Nurhadi mengatakan Latihan SAR  ini merupakan pelaksanaan program Kerja  Seksi Opslat  Triwulan II T.A. 2018. Adapun materi yang diberikan dalam latihan SAR ini antara lain meliputi Rafelling, turun tebing dan taktik pencarian di darat. Sedangkan kegiatan ini akan berlangsung dari tanggal 26 sampai dengan 28 Juni 2018.

Dalam latihan SAR ini disimulasikan pada pada tanggal 26 Juni 2018  pesawat Gelatik Airlines dengan nomor penerbangan PK-101 telah mengalami dual engine flame out atau power loss dalam pendaratan menuju bandara Adi Soemarmo Solo.   Setelah beberapa  kali mencoba menghidupkan mesin, crew pesawat memutuskan untuk  mendarat darurat di sungai Pepe, dari total 125 orang di pesawat termasuk awak pesawat, diantaranya lima orang korban dan dinyatakan tewas, sedangkan  yang lain mengalami luka berat dan luka ringan.

Selanjutnya Operasi evakasi dilaksanakan oleh tim SAR gabungan untuk  mengevakuasi  korban yang selamat maupun yang mengalami luka berat dan ringan. Evakuasi dilaksanakan mulai pukul 16.00 wib dan persiapan untuk transportasi medis ke rumah sakit  darurat di sekitar bandaraLanud Adi Soemarmo

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Lanud Adi Soemarmo Adakan Latihan SAR Gabungan