TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Lanud Adi Soemarmo  Peringatati Nuzulul Qur’an 1439 H  Dan Buka Puasa Bersama

By 05 Jun 2018Berita
8a0ea844-2ab0-4d06-a869-23f2812d92f9

TNI AU.  Umat muslim Lanud Adi Soemarmo  menyelenggarakan peringatan Nuzulul Qur’an 1439 H dan  buka puasa bersama  bertempat di Gedung Wiraloka Lanud Adi Soemarmo,Kabupaten Karanganyar, Senin ( 4/6).

Dalam sambutannya Danlanud Adi Soemarmo Kolonel Pnb Indan Gilang B. S.Sos.,  mengatakan    pada  hakekatnya puasa merupakan sarana pendidikan bagi umat islam agar tetap bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, mengendalikan diri dari godaan nafsu, menjaga lisan dan amal perbuatan, mempererat tali silaturahmi serta membiasakan diri untuk tetap patuh dan taat terhadap perintah-Nya.

Lebih lanjut Danlanud menyampaikan hikmah ibadah puasa tersebut diharapkan dapat terus terpancar dalam setiap aktifitas kehidupan sehari-hari sehingga ibadah puasa yang kita lakukan tidak saja membuahkan hasil bagi kebaikan diri pribadi, namun dapat juga bermanfaat bagi orang lain, ujarnya.

Pada bagian lain Danlanud juga menyampaikan  bahwa peristiwa Nuzulul Qur’an mempunyai makna yang sangat penting, karena dalam peringatan semacam ini banyak hikmah yang dapat kita peroleh. Hikmah tersebut selanjutnya kita jadikan petunjuk dan pedoman dalam menjalankan kehidupan.

Bukan itu saja peringatan  Nuzulul Qur’an menggambarkan kepada kita, bahwa Al Qur’an menjadi pedoman bagi umat islam dan sebagai insan yang beriman tentunya kita menjalankan semua perintah-Nya dan menjauhi semua larangan-Nya dan mengagungkan serta mempelajari isi yang terkandung dalam Al-Qur’an, ungkap Danlanud.

Sementara itu penceramah KH. Muhajir, B.A., dalam tausiahnya mengatakan, bahwa berpuasa memberi manfaat dan dampak positif yang sangat besar bagi manusia, baik sebagai mahkluk pribadi maupun,mahkluk sosial. Sehingga setelah selesai menjalankan ibadah puasa terutama di bulan ramadahan diharapkan dapat menjadi orang yang taqwa, bersih dan sehat baik jasmani maupun rohani serta kembali kepada kesucian, bagaikan bayi yang baru lahir, ujarnya.

Dalam mengisi bulan suci Ramadhan panitia juga menyelenggarakan lomba untuk anak -anak antara lain lomba adzan,  sholat dan  lari syahadat.

Hadir pada peringatan  Nuzulul Qur’an dan buka puasa bersama, para Kepala Dinas, para Komandan Skadik, Ketua Pia Cabang 3 Gabungan II , para Kepala/Kasi dan perwakilan tiap-tiap Satker di jajaran Lanud Adi Soemarmo.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Lanud Adi Soemarmo  Peringatati Nuzulul Qur’an 1439 H  Dan Buka Puasa Bersama