Berita

Lanud Adi wadahi Komunitas Aeromodelling “ Pesawat handmade”

Dibaca: 9 Oleh 27 Nov 2012Tidak ada komentar
M 458 NA B 25 Mitchell Indonesian Airforce 7168661149
#TNIAU 

Siapa bilang olah raga Aeromodelling mahal? Hal ini dibuktikan oleh mas Yudi salah satu pembuat pesawat hand made dari Komunitas Aeromodelling Yogyakarta. “saya buat pesawat ini antara 3-5 jam dan dengan biaya tidak lebih dari 150 ribu. Setiap pesawat juga kami bekali baterai dan motor serta remote control. Kami dapat membuat Pesawat dari foom ini mulanya, dari mas Bagio yang juga penyuka aeromodelling”, Jelasnya. Minggu (25/11) usai uji terbang di Lanud Gading.

Komunitas aeromodelling pesawat handmade ini sekarang menurut Mayor Tek Tunjung (Skadik 101) beranggotakan sekitar 60 orang dan pesawat handmade mengunakan mesin dan bisa di udara dan ada juga yang di air ini baru pertama kali di Indonesia. Perkumpulan kami memang tidak kaku sehingga dari kalangan apa saja dan usia berapa saja dapat masuk dan belajar bersama. Kami biasa berkumpul di lapangan Agro Skadik 104. kami diwadahi oleh Fasi Yogyakarta dan TNI AU.

Jenis pesawat yang kami hasilkan pun beragam sesuai dengan kesukaan masing-masing. Ada jenis Cessa, F-18, Gleder, Bomber, Thunder Bird, Heli, Mustang, Sukhoi, Steal, Bravo, dan banyak lagi. Hasil kumpul kumpul ini kami juga telah mendapat pesanan dari teman-temen lain. Kami juga akan kembangkan terus dan memperhalus produk.

Menurut Mas Iyan salah satu pembuat pesawat handmade, remote controlnya masih hasil pabrikan, dan kami belum bisa membuat, namun harganya sudah terjangkau kantong kami. kalau dulu remote kontrol harganya bisa 2-3 juta sekarang 500-600 ribupun sudah ada. Sedang untuk komponen pesawat dapat kami rancang sendiri sesuai selera dan bahan bahan yang murah harganya.

“Kemarin kami bersama Crew dari salah satu TV nasional mencoba hasil karya kami, di Lanud Gading dan Lap. Agro hasilnya sangat memuaskan dan tidak kalah manuvernya dengan pabrikan.” tukasnya. Saya berharap produk kami nantinya dapat digunakan oleh pecinta aeromodelling di seluruh Indonesia harapnya.

Baca juga:  PIA AG BAKORCAB MADIUN LAKSANAKAN ZIARAH KE TMP MADIUN

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel