Berita

Lanud Adisutjipto Gelar Upacara HUT ke-74 Kodiklatau

Lanud Adisutjipto Gelar Upacara HUT ke-74 Kodiklatau
#TNIAU 

TNI AU. Danlanud Adisutjipto Marsma TNI Ir. Bob H. Panggabean menjadi inspektur upacara HUT ke-74 Kodiklatau bertempat di Lapangan Jupiter Lanud Adisutjipto, Jumat (15/11). Upacara HUT Kodiklatau diikuti para pejabat Lanud Adisutjipto, para perwira, siswa sekolah penerbang serta seluruh personel Lanud Adisutjipto.

Dalam sambutan Kasau yang dibacakan oleh Danlanud Adisutjipto disampaikan bahwa mayoritas negara maju kini juga mengalami suatu common dilema, terkait budget constraints. Yang akhirnya memaksa berbagai negara mengeluarkan defense budget policy yang ketat. Permasalahan serupa pun juga terjadi di Asia, tak terkecuali Indonesia. Di mana pengaruh tekanan politik akan kebijakan anggaran negara dalam mendukung biaya pertahanan yang sangat besar, sehingga pemerintah harus membuat skala prioritas untuk menjaga stabilitas di berbagai sektor pembangunan.

Lebih lanjut Kasau menyampaikan, sebagai prajurit TNI dan sesuai dengan jati diri kita sebagai Tentara Profesional, kita tidak boleh bersedih dan berkecil hati. Saya menilai dalam menghadapi kondisi seperti ini, TNI Angkatan Udara harus mampu menyiasati segala permasalahan yang kita hadapi, dengan berbagai upaya, salah satunya adalah, melalui peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia yang sesuai dengan doktrin dan kebutuhan pertahanan negara.

Untuk memenuhi tujuan tersebut, investasi terbaik yang bisa kita lakukan adalah, dengan senantiasa menyelenggarakan pendidikan dan latihan bagi prajurit, dengan konsep “fit for purpose”. Yaitu pendidikan yang berorientasi dengan tujuan dan kebutuhan strategis TNI Angkatan Udara.

Artinya, dalam menyusun sistem dan menyelenggarakan pendidikan bagi prajurit, harus dilaksanakan dengan kritis, efektif, dan efisien. Program pendidikan harus benar-benar sesuai, tepat sasaran, dan mampu melahirkan output dan outcome yang sesuai dengan kebutuhan TNI Angkatan Udara. Pada level strategis, khususnya pendidikan untuk level Perwira, Kodiklatau dituntut untuk dapat mencetak personel yang mampu berpikir kritis dan mengambil keputusan strategis secara efektif. Sehingga, hasil pendidikan tidak hanya bermanfaat bagi personel yang menjalaninya, namun juga berkontribusi positif bagi organisasi, untuk terus maju dan tumbuh berkembang sesuai dengan tuntutan tugas yang dilaksanakan TNI Angkatan Udara, tegas Kasau.

Usai upacara Danlanud Adisutjipto beserta Ibu Imel Bob H. Panggabean dan seluruh anggota Lanud Adisutjipto mengikuti kegiatan panggung prajurit yang diselenggarakan di shelter Delta Skadik 102.

Lanud Adisutjipto Gelar Upacara HUT ke-74 Kodiklatau

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel