Berita

Lanud Adisutjipto Hijau

Dibaca: 13 Oleh 22 Mei 2010Tidak ada komentar
Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala
#TNIAU 

Gerakan Menanam 1 Miliar Pohon merupakan salah satu upaya untuk melestarikan alam yang hijau dan asri. Gerakan ini merupakan tindak lanjut dari suksesnya Gerakan Menanam 1 Juta pohon yang dicanangkan terlebih dahulu. Agar Gerakan Menanam 1 Miliar Pohon sukses seperti gerakan sebelumnya, dalam satu kesempatan Presiden SBY telah mengkampanyekannya. Kampanye tersebut merupakan upaya memasyarakatkan gerakan menanam dan memelihara pohon secara nasional agar menjadi sikap hidup dan budaya bangsa.

 

Gerakan Menanam 1 Miliar Pohon mendapatkan simpati dari berbagai kalangan. Tidak terkecuali oleh para pejabat di Lanud Adisutjipto. Dalam setiap acara serah terima jabatan misalnya acara tanam pohon selalu menjadi bagian kegiatan yang diacarakan. Pejabat lama ataupun pejabat baru melakukan penghijauan dengan menanam pohon di dalam areal Lanud Adisutjipto, Senin (26/4).

 

Seperti dalam rangkaian acara serah terima jabatan Komandan Skadron Teknik 043 Lanud Adisutjipto. Sehari sebelum acara serah terima, Letkol Tek Ir. Suryanto Komandan Skadron Teknik 043 Lanud Adisutjipto menanam bibit pohon Jambu Dersana atau Jambu Bolyang bernama dalam bahasa Latin Zyzygium Malaccense, Senin (26/4). Menurut Letkol Tek Ir. Suryanto, penanaman bibit pohon Jambu Dersana selain untuk tetenger juga dimaksudkan untuk menyukseskan program penghijauan yang sedang digalakkan pemerintah. “Dengan lingkungan yang hijau, suasana menjadi adem dan kerja akan lebih bersemangat,” ucapnya beralasan.

Baca juga:  Seluruh Personel Lanud Sam Ratulangi Doa Bersama

 

Letkol Tek Ir. Suryanto sadar bahwa di lingkungan perkotaan termasuk di Yogyakarta, pepohonan memang bisa dikatakan sudah semakin kecil jumlahnya. Jika hal ini tidak segera diantisipasi, Letkol Tek Ir. Suryanto memprediksi kemungkinan generasi penerus hanya akan mengenal hutan dan jenis tanaman tertentu dari cerita saja. “Semua pihak perlu peduli dan terpanggil untuk menanam pohon agar reboisasi dapat berhasil dan lingkungan hijau kembali. “One man one tree” adalah satu usaha untuk ikut menghijaukan kembali lingkungan di sekitar kita, “ujarnya seusai penanaman bibit pohon di areal sekitar Skatek 043.

 

Menanam tetumbuhan di sekitar lingkungan kita adalah suatu bentuk dari kecintaan dan perhatian diri kita terhadap kelestarian alam. Inilah langkah positif yang perlu dilakukan oleh setiap orang untuk menciptakan “hutan kota” dalam rangka penyelematan bumi dari global warming. Kalau tidak kita yang menanam, siapa lagi yang akan menghijaukan bumi ini. Lanud Adisutjipto Hijau.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel