Berita

Lanud Adisutjipto Sosialisasikan Bahaya Balon Udara Bagi Dunia Penerbangan

Dibaca: 67 Oleh 26 Mei 2020Tidak ada komentar
Lanud Adisutjipto sosialisasikan bahaya balon udara bagi dunia penerbangan
#TNIAU 

TNI AU. Lanud Adisutjipto kembali melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat akan bahaya balon udara bagi penerbangan. Pada pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri 1441 H, masyarakat dikagetkan dengan beberapa balon udara yang jatuh di wilayah Kabupaten Gunung Kidul. Balon-balon tersebut berukuran cukup besar dengan diameter mencapai 5 meter. Satu balon ditemukan di Kecamatan Saptosari dan yang lain ditemukan jatuh di wilayah kecamatan Girisubo, Minggu (24/5/2020).

Menurut beberapa orang di Kecamatan Ponjong, terlihat ada balon yang melayang di angkasa dengan perkiraan ketinggian mencapai 500 meter. Sampai dengan saat ini belum diketahui dari mana asal balon udara tersebut.

Menurut Kadisops Lanud Adisutjipto Kolonel Pnb Sri Raharjo, sesuai dengan UU No 1 tahun 2009 tentang penerbangan dan Peraturan Keselamatan Penerbangan Sipil (PPKS 101) tentang larangan menerbangkan Balon Udara di MCA atau Millitary Controlled Airspace di Yogyakarta, maka Lanud Adisutjipto melaksanakan pemantauan terhadap kejadian tersebut serta menghimbau kepada masyarakat agar mematuhi aturan serta larangan penerbangan balon udara yang dapat berpotensi membahayakan penerbangan.

Baca juga:  Skadron Udara 16 Buka Puasa Bersama

Sementara itu Kasi Lambangja Mayor Pnb Dian Bashori menyampaikan bahwa beberapa bahaya balon udara yang terbang bebas diantaranya adalah merusak mesin pesawat, menganggu kendali terbang pesawat dan menutupi kokpit pesawat.

Selain balon udara juga terdapat kegiatan lain yang membahayakan operasi penerbangan diantaranya penyalahgunaan laser, penerbangan drone tidak berijin dan layang-layang.

Masyarakat diharapkan dapat lebih memiliki pengetahuan dan kesadaran yang lebih tinggi dalam mematuhi aturan, terutama tidak menerbangkan balon udara, serta kegiatan lain yang dapat membahayakan penerbangan.

Lanud Adisutjipto sosialisasikan bahaya balon udara bagi dunia penerbangan

Lanud Adisutjipto sosialisasikan bahaya balon udara bagi dunia penerbangan

 

 

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel