Berita

LANUD ATS SIAGA 1

Dibaca: 11 Oleh 03 Jun 2010Tidak ada komentar
9b842766a265b99c2bf19666b186f743
#TNIAU 

Pangkalan TNI AU Atang Sendjaja (Lanud Ats), Rabu (2/6) malam mulai pukul 19.00 Wib sampai 24.00 Wib memberlakukan siaga satu untuk seluruh jajarannya, mengingat terbongkar informasi adanya upaya teroris yang hendak melakukan kegiatan sabotase, demikian salah satu skenario Latihan Satuan Terpadu (Latsatdu) Manyar Trampil 2010, dan bertindak sebagai pihak musuh diperankan oleh Kompi Senapan 1/ Yon 467 Paskhas.

Dalam latihan malam ini seluruh satuan kerja diperintahkan untuk menerapkan prosedur tetap (protap) pengamanan, mulai dari pengefektifan sandi, pemeriksaan personel beserta kendaraan yang di gunakan, patroli malam, serta pemanfaatan anjing pelacak oleh Brigade Anjing Satpom Lanud Ats.

Suasana pelaksanaan “jam malam” terasa cukup mencekam, di mana setiap unsur satuan di Lanud Ats benar-benar “menikmati” situasi latihan dan serius menjaga setiap ruang kerja masing-masing.

“Kami tidak mau ‘kebobolan’ yang dapat mengakibatkan tercemarnya unit kerja kami, karena itu seluruh personel yang mendapat tugas jaga malam di tambah kekuatan lain silih berganti melakukan ‘styling’, “ tutur salah seorang personel.

Baca juga:  Danwingdikum : Ketekunan Dan Kerja Keras Kunci Keberhasilan

Pemberlakuan latihan “jam malam” cukup efektif untuk meningkatkan tingkat kesadaran personel Lanud Ats akan arti penting kewaspadaan dan kecurigaan terhadap kehadiran “tamu tak di undang” yang berkunjung pada malam hari mengingat Lanud Ats merupakan “home base” helikopter TNI AU.

Setelah berhasil menyusup ke salah satu unit kerja dan selanjutnya menempelkan kertas bertuliskan “di bom”, maka personel Kipan 1/ Yon 467 Paskhas segera melaporkan keberhasilan tugasnya saat itu juga kepada Direktur Latsatdu Manyar Trampil 2010 Letkol Pnb Djhon Amarul yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Skadron Udara 8 Wing 4 Lanud Ats.

Pembukaan Latsatdu Manyar Trampil 2010 dilaksanakan Rabu (2/6) di Apron Lanud Ats dipimpin langsung Danlanud Ats Marsma TNI Sunaryo dan setelah itu pula dilaksanakan gladi posko di Mako Lanud Ats yang diikuti seluruh komando latihan. Menurut rencana latihan akan di tutup Jum’at (4/6) setelah sebelumnya melaksanakan latihan manuver lapangan yang melibatkan helikopter TNI AU, Wing 4 Lanud Ats, Skadron Udara 6, Skadron Udara 8, Skatek 024, Kipan 1/ Yon 467 Paskhas, Satpom dan Rumkit Lanud Ats, jajaran Dinas, serta unsur Staf Pangkalan.

Baca juga:  Danlanud Rsn, Kontingen PDBI Prov.Riau Siap  Berkompetisi di Piala Presiden

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel