Berita

Lanud Balikpapan Cegah Demam Berdarah

Dibaca: 6 Oleh 23 Mei 2010Tidak ada komentar
Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala
#TNIAU 

Sebagai tindak antisipasi terhadap bahaya demam berdarah dan juga berbagai penyakit yang disebabkan akibat berkembang biaknya nyamuk, lanud Balikpapan mengadakan foging, Balikpapan (04/05). Yang menjadi sasaran seluruh komplek TNI-AU Lanud Balikpapan, Mako Lanud dan juga seluruh tempat yang berpotensi untuk tempat berkembang biaknya nyamuk. Tindak antisipatif ini tidak terlepas dari KLB (Kejadian Luar Biasa) yang dicanangkan Pemkot Balikpapan karena semakin banyaknya orang yang terkena demam berdarah sekarang ini.

 

Disela-sela penyemprotan, Danlanud berpesan, Pencegahan utama demam berdarah terletak pada menghapuskan atau mengurangi vektor nyamuk demam berdarah. Insiatif untuk menghapus kolam-kolam air yang tidak berguna (misalnya di pot bunga) telah terbukti berguna untuk mengontrol penyakit yang disebabkan nyamuk, menguras bak mandi setiap seminggu sekali, dan membuang hal – hal yang dapat mengakibatkan sarang nyamuk demam berdarah Aedes Aegypti.

 

3M, yaitu menguras bak mandi, menutup wadah yang dapat menampung air, dan mengubur barang-barang bekas yang dapat menjadi sarang perkembangan jentik-jentik nyamuk, meski pun dalam hal mengubur barang-barang bekas tidak baik, karena dapat menyebabkan polusi tanah. Akan lebih baik bila barang-barang bekas tersebut didaur-ulang terang Danlanud lebih lanjut.

Baca juga:  Lanud Rsn Lakukan Fogging untuk Cegah DBD

 

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menghindarkan seluruh personel maupun anggota keluarganya dari penyakit, karena banyak pemberitaan baik di media cetak maupun elektronik, adanya orang yang sakit bahkan sampai meninggal akibat digigit nyamuk yang bisa menyebabkan berbagai penyakit diantaranya cikungunya, demam bedarah, dsb. karena tidak ada vaksin yang tersedia secara komersial untuk penyakit demam berdarah. Kegiatan ini sendiri rencananya akan diadakan rutin tiap bulan sebagai bentuk kepedulian Lanud Balikpapan akan kesehatan personelnya.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel