Berita

Lanud Dominicus Dumatubun Peduli Sampah

Dibaca: 4 Oleh 01 Mar 2017Tidak ada komentar
IndonesianAF 1
#TNIAU 

Dalam menyambut peringatan Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2017 yang jatuh pada tanggal 21 Februari Lanud Dominicus Dumatubun yang dipimpin oleh Letkol Pnb Hantarno Edi Sasmoyo sebagai Komandan Lanud beserta anggota baik Perwira Bintara Tamtama dan PNS Lanud D. Dumatubun melaksanakan kegiatan bakti sosial bersih-bersih sampah di kawasan Pantai Pasir Panjang Ngurbloat, Maluku Tenggara.

Tampak kawasan Pasir Panjang Ngurbloat dipenuhi sampah khususnya sampah non organik, berlapis-lapis sampah plastik di mana-mana. Dengan penuh semangat para anggota dan Danlanud bersama-sama membersihkan sampah yang ada disekitaran pantai Pasir Panjang Ngurbloat. Disela acara tersebut Komandan Lanud Dominicus Dumatubun menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan sebagai wujud nyata dan kepedulian Lanud D. Dumatubun untuk ikut menjaga kebersihan serta sekaligus mendukung program pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara dalam menjaga kebersihan dan keindahan khususnya di kawasan Rekreasi Pantai Pasir Panjang Ngurbloat Maluku Tenggara.

Danlanud Dominicus Dumatubun juga mengimbau agar dapat meminimalkan resiko pencemaran sampah plastik terhadap lingkungan, maka hal penting untuk dilakukan adalah mengurangi penggunaan kantong plastik, menerapkan penggunaan plastik yang ramah lingkungan dan melakukan pengelolaan dengan baik sampah plastik yang terlanjur terbuang di lingkungan, kepada seluruh masyarakat setempat dan pengunjung wisatawan agar bersama-sama menjaga kebersihan di kawasan pantai dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat.

Baca juga:  LATMA TEAK IRON 2013 DI GELAR DI LANUD HUSEIN S.

“Semua orang harus ikut bertanggung jawab mengelola sampah khususnya sampah Non organik karena sampah plastik tidak dapat terurai secara alami maka bila tidak dikelola dengan baik, sampah bisa menjadi musibah seperti sumber penyakit dan banjir. Karena sampah banyak berasal dari masyarakat, maka masyarakat pula lah yang pertama bertanggung jawab mengolah sampah. Sampah akan menjadi kawan bila dikelola dengan baik dan bisa diolah menjadi benda bernilai ekonomis. Jadi bukan hanya tanggung jawab Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara atau petugas kebersihan saja. Kita warga masyarakat harus ikut mengaturnya dengan baik”, tegas Danlanud.

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel