Berita

Lanud Dominicus Dumatubun Peringati Hari Bakti TNI AU Ke-68

Dibaca: 0 Oleh 03 Agu 2015Tidak ada komentar
Sukhoi Su-27
#TNIAU 

Bertempat dilapangan apel Lanud Dominicus Dumatubun telah dilaksanakan upacara peringatan hari Bakti TNI Angkatan Udara ke-68, Komandan Lanud D. Dumatubun Letkol Pnb Hantarno Edi Sasmoyo selaku Inspektur Upacara di ikuti oleh perwira, bintara, tamtama, PNS serta purnawirawan dan warakauri seluruh Maluku Tenggara dan Kota Tual. Rabu, (29/07).

Dalam kesempatan amanatnya Komandan Lanud D. Dumatubun membacakan sambutan dari Kepala Staf Angkatan Udara. Dalam sambutannya KASAU mengajak seluruh prajurit dan pegawai Negeri Sipil Angkatan Udara untuk mengenang dua peristiwa penting yang terjadi pada tanggal 29 Juli 1947 silam. Peristiwa penting yang dimaksud adalah munculnya heroisme para kadet Penerbang Angkatan Udara untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari penjajah dengan melakukan serangan udara kubu pertahanan Belanda di Semarang, Ambarawa dan Salatiga. Sekaligus sebagai operasi serangan udara yang pertama TNI AU.

Peristiwa kedua adalah gugurnya para perintis dan pendahulu TNI AU yaitu komodor Udara Agustinus Adisucipto, Komodor Udara Prof. Dr. Abdulrachman Saleh dan Opsir Muda Udara I Adisumarmo dalam melaksankan misi kemanusiaan dengan membawa obat-obatan dari Palang Merah Malaya untuk Palang Merah Indonesia ditembak jatuh oleh pesawat tempur Kitty Hawk Belanda, di desa Ngoto Yogyakarta.

Baca juga:  Pelatihan Radar Operation Analyzer di Kosekhanudnas II

Kedua perisitiwa tersebut senantiasa menjadi inspirasi dan sebagai nilai moral serta profesionalisme dalam perjuangan dan pengabdian yang terbaik demi bangsa dan Negara. Hal tersebut sesuai dengan tema peringatan hari bakti TNI AU tahun ini yaitu “ Dilandasi Semangat Kepahlawanan dan Pengorbanan 29 Juli 1947, Prajurit TNI Angkatan Udara bertekad meningkatkan Darma Baktinya dalam menjaga Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia”.

Setelah pelaksanaan upacara Hari Bakti tersebut dilanjutkan dengan acara syukuran yang digelar dihalaman Arkon tempat upacara, turut hadir tamu undangan para sesepuh purnawirawan dan warakauri TNI AU. Pada acara syukuran tersebut diberikan kesempatan kepada para sesepuh untuk memberikan wejangan kepada seluruh personel Lanud D. Dumatubun dan bernostalgia temu kangen dengan para hadirin yang datang pada acara tersebut.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel