Berita

LANUD DUMATUBUN GELAR LATIHAN HANLAN

Dibaca: 43 Oleh 26 Mei 2010Tidak ada komentar
M 458 NA B 25 Mitchell Indonesian Airforce 7168661149
#TNIAU 

Berdasar dari informasi intelijen jajaran Lanud Dumatubun dan wilayah Maluku telah didapatkan informasi yang akurat bahwa telah ada sekelompok gerakan separatis yang mengancam dan sangat membahayakan keutuhan wilayah NKRI. Mereka akan menjadikan Lapter Letvuan (salah satu aset TNI AU) sebagai markasnya, sehingga Lanud Dumatubun yang mempunyai kewenangan untuk menjaga aset maupun bertanggung jawab mempertahankannya perlu menggerakan pasukan. Setelah diadakan koordinasi dengan komando atas maupun pihak-pihak terkait satuan samping, Komandan Lanud D. Dumatubun menggerakan pasukan untuk mempertahankan aset tersebut.

Pasukan telah dibekali dengan peluru tajam dan dipimpin langsung oleh Komandan Lanud D. Dumatubun Mayor Nav Md. Irman Fathurrahman. Di tengah terik matahari Pukul 12.00 diadakan penyerangan ke daerah musuh, dengan perlawanan yang sengit Lapter Letvuan dapat direbut kembali dari pihak musuh kemudian mereka melarikan diri ke pulau-pulau kecil di daerah Kei Besar. Setelah diadakan konsolidasi semua personil pasukan dalam keadaan aman dan hanya beberapa anggota saja yang terluka akibat dari beratnya medan yang ditempuh untuk menyerang musuh, tetapi semua bisa diatasi dari tim kesehatan Lanud D. Dumatubun.

Baca juga:  Prajurit Korps Paskhas Melaksanakan Pemeriksaan Urine

Saat Lapter Letvuan sudah dapat dikuasai dan dikendalikan rupanya musuh memanfaatkan situasi. Dengan menggunakan laut mereka memutar arah untuk menguasai Lanud D. Dumatubun yang mempunyai letak lebih strategis baik dari sisi transportasi maupun pergerakan karena di Lanud D. Dumatubun telah ada pesawat-pesawat sipil yang secara rutin melakukan penerbangan dari Tual menuju Ambon maupun sebaliknya dan wilayah lain di Kepulauan Maluku dimana personel Lanud D. Dumatubun sebagian besar sedang berada di wilayah Letvuan.

Info A1 yang disampaikan pihak pasukan yang berada di Mako Lanud bertahan sambil mengadakan kontek untuk meminta bantuan, sehingga sore hari menjelang malam pasukan segera digerakkan untuk kembali merebut Lanud D. Dumatubun dari 4 titik penyerangan berawal dari daerah persiapan di Lapangan tembak Ohoiluk untuk melakukan persiapan dan pengamanan serta mengatur strategi operasi perebutan walaupun saat itu hujan lebat diikuti angin Barat yang sangat kencang juga harus ditempuh dengan berjalan kaki menelusuri pantai, hutan dan bukit yang memakan waktu sekitar 8 jam perjalanan. Dengan dipimpin oleh Pimpinan Operasi pasukan dibagi 4 regu yang masing-masing dipimpin oleh seorang Dan Ru, yang dibagi dalam 3

Baca juga:  Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 1945/2018 Di Lanud D. Dumatubun

Pukul 03.00 dini hari Lanud D. Dumatubun dapat dikuasai dan dikendalikan maka dinyatakan situasi “AMAN TERKENDALI” yang ditandai dengan 3x tembakan ke atas dengan pistol isyarat warna hijau selanjutnya dilaksanakan konsolidasi di belakang kantor Mako sebagai pusat komando pasukan.

Itulah kegiatan Latihan Menembak dan Pertahanan Pangkalan di Lanud D. Dumatubun yang dilaksanakan tanggal 25 s.d. 26 Maret 2010 dipimpin langsung oleh Komandan Lanud D. Dumatubun May Nav MD Irman Fathurrahman salah seorang perwira lulusan Akabri Angkatan Udara 1996.

Latihan ini bertujuan meningkatkan profesionalisme dan kesiapan personel Lanud D. Dumatubun dalam menghadapi AGHT baik dari dalam maupun dari luar NKRI. Walaupun sangat banyak keterbatasan tetapi personel Lanud D. Dumatubun dapat melaksanakan latihan ini dengan sangat baik. Ternyata dengan keterbatasan, kreatifitas akan semakin berkembang.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel