BeritaBerita Kotama

Lanud El Tari Laksanakan Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke-110 Tahun 2018

Dibaca: 16 Oleh 21 Mei 2018Tidak ada komentar
Lanud El Tari Laksanakan Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke-110 Tahun 2018
#TNIAU 

TNI AU. Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-110 Tahun 2018 berjalan dengan hikmat dan lancar, bertindak selaku Inspektur Upacara Komandan Lanud El Tari Kolonel Pnb Arief Hartono, S.H., yang bertempat di Lapangan Hanggar Penfui Lanud El Tari, diikuti oleh para Seluruh Pejabat Lanud El Tari dan personel Lanud El Tari. Senin (21/05).

Sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika RI Bapak Rudiantara yang dibacakan oleh Komandan Lanud El Tari menyampaikan “Ketika rakyat berinisiatif untuk berjuang demi meraih kemerdekaan dengan membentuk berbagai perkumpulan, lebih dari seabad lalu, kita nyaris tak punya apa-apa. Kita hanya memiliki semangat dalam jiwa dan kesiapan mempertaruhkan nyawa. Namun sejarah kemudian membuktikan bahwa semangat dan komitmen itu saja telah cukup, asalkan kita bersatu dalam cita-cita yang sama : kemerdekaan bangsa.

Bersatu, adalah kata kunci ketika kita ingin menggapai cita-cita yang sangat mulia namun pada saat yang sama tantangan yang maha kuat menghadang di depan. Boedi Oetomo memberi contoh bagaimana dengan berkumpul dan berorganisasi tanpa melihat asal-muasal primordial akhirnya bisa mendorong tumbuhnya semangat nasionalisme yang menjadi bahan bakar utama kemerdekaan.

Boedi Oetomo menjadi salah satu penanda utama bahwa bangsa Indonesia untuk pertama kali menyadari pentingnya persatuan dan kesatuan. Presiden Pertama dan Proklamator Kemerdekaan Republik Indonesia, Soekarno, pada peringatan Hari Kebangkitan Nasional tahun 1952 mengatakan bahwa: “Pada hari itu kita mulai memasuki satu cara baru untuk melaksanakan satu ‘idee’, satu naluri pokok daripada bangsa Indonesia. Naluri pokok ingin merdeka, naluri pokok ingin hidup berharkat sebagai manusia dan sebagai bangsa. Cara baru itu ialah cara mengejar sesuatu maksud dengan alat organisasi politik, cara berjuang dengan perserikatan dan perhimpunan politik, cara berjuang dengan tenaga persatuan.” Lanjut Komandan Lanud El Tari

 

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel