Berita

Lanud El Tari Lakukan Penghijuan Menamam Bibit Kemiri Sunan Di Pulau Semau

Dibaca: 6 Oleh 21 Jan 2015Tidak ada komentar
c130 hercules indonesian air force approaching
#TNIAU 

Dalam rangka memperingati HUT TNI AU KE-69, Lanud El Tari mengadakan kegiatan Bhakti sosial berupa penanaman bibit pohon kemiri sunan di Pulau Semau kabupaten Kupang Barat (NTT). Danlanud El Tari Kolonel Pnb Andi Wijaya,S.Sos, menyambut baik penanaman bibit kemiri sunan tersebut yang telah dicanangkan oleh pemerintah dalam menghijaukan daerah-daerah yang dianggap tandus dan kering,.Selasa. (20/01).

Penghijauan dengan tanaman kemiri sunan ini juga di laksanakan di Lanud El Tari baik seluruh personel Lanud El Tari maupun masyarakat sekitar, dengan tujuan untuk penghijauan dan membudidayakan pohon kemiri sunan di wilayah NTT.  Program penghijauan ini dapat mengurangi dampak pemanasan global, mencegah banjir,tanah longsor,kekeringan,serta dapat menigkatkan upaya konservasi sumber daya genetik tananaman hutan dan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar untuk menanam serta menjaga kelestarian hutan sebagai paru-paru dunia. Dengan penghijauan tanama kemiri sunan ini diharapkan di masa yang akan datang dapat menyimpan energi ramah lingkungan, sebagai cadangan air tanah serta untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara langsung maupun tidak langsung.

Baca juga:  KOMANDAN LANUD HALIM : LAPORKAN KRONOLOGIS JATUHNYA SUKHOI SUPER JET 100 KEPADA PANGLIMA TNI

Sesuai Program Pemerintah daerah yaitu Gubenur NTT telah mencanangkan agar masyarakat NTT untuk selalu ‘’Tanam Tanam Tanam danTanam‘’ hal tersebuti menunjukan bawa untuk mewujudkan penghijauan Khususnya NTT ini dengan cara menanam Pohon dengan harapan Masyarakat NTT pada umumnya dapat mencontoh dan menjadi suatu kebiasaan untuk selalu menam dan memelihara lingkungan agar tetap hijau bukan membiarkan tanah tandus dan gersang.

Hal ini di laksanakan oleh seluruh jajaran Instasi terkait untuk selalu mensosialisasikan penanaman pohon agar tercipta lingkungan yang Indah, Asri dan Hijau sebagai budaya gemar menanam bukan membakarnya. Dengan adanya pohon kemiri sunan ini di harapkan dapat memacu masyarakat untuk selalu mencontoh sesuatu yang berguna demi terciptanya lingkungan yang hijau dan asri.

Keberadaan ruang terbuka Hijau sangat strategis dihubungkan dengan konsep pembangunan kota yang memenuhi aspek ekonomi, sosial dan lingkungan. Idealnya ruang terbuka hijau wilayah perkotaan minimal 30% dari luas Kabupaten/ Kota dan luas Hutan Kota Minimal 10% untuk menjaga kelestarian dan keseimbangan ekosistem wilayah perkotaan. “Dengan penanam bibit pohon kemiri sunan ini di harapkan dapat dilestarikan dan dapat untuk dinikmati hasilnya oleh masyarakat , sehingga akan memberikan hasil secara nyata bagi masyarakat pada umumnya”.  Ujar Danlanud El Tari.

Baca juga:  Atlit Tinju TNI AU Raih Empat Perak, Dua Perunggu

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel