Berita

Lanud El Tari Tingkatkan Kesiagaan Terhadap Bencana Alam

Dibaca: 15 Oleh 01 Mei 2012Tidak ada komentar
Sukhoi Su-27
#TNIAU 

Dalam rangka meningkatkan kesiap siagaan menghadapi bencana alam baik gempa dan tsunami, Komandan Pangkalan (Danlanud) El Tari, Kupang Letkol Nav Joko Winarto, SE didampingi Kapten Lek Anggoro Budi Mulya memberikan ceramah tentang cara menghadapi bencana alam dari kerugian materiil maupun jiwa kepada seluruh Personel Lanud El Tari di ruang Briefing Lanud El Tari Selasa, (1/5).

Dan Lanud El Tari menjelaskan, apabila terjadi bencana alam gempa dan tsunami, kita sebagai prajurit yang terlatih dan faham tentang bahaya bencana alam khusunya gempa maupun tsunami harus segera bertindak untuk menyelamatkan diri, dan tentunya bila terjadi gempa dan berada didalam ruangan segera mencari perlindungan yang aman seperti di bawah meja atau sebaliknya berada diluar ruangan segera menjauhi gedung atau bangunan tinggi.

Sedangkan untuk menghadapi bahaya Tsunami, apabila kita berada dekat laut harus memperhatikan tanda-tanda permukaan air laut dan bila laut mengalami surut yang cukup tinggi berarti berpotensi tsunami, kita harus segera menjauhi laut menuju pada ketinggian yang cukup aman.

Maksud dan tujuan ceramah tersebut, untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan Personel Lanud El Tari dalam menghadapi bencana alam, dan selalu siap memberikan pertolongan kepada masyarakat yang lebih membutuhkan sewaktu-waktu terjadi bencana di wilayah NTT.

Provinsi NTT secara geografis merupakan daerah yang sangat rawan terhadap bencana alam gempa bumi, baik gempa tektonik maupun gempa Vulkanik. Berdasarkan catatan sejarah pada tanggal 12 Desember 1992 terjadi gempa bumi 7,8 SR di laut Flores di susul dengan gelombang tsunami dengan run-up 36 M.

Untuk menghadapi peningkatan potensi dan kompleksitas bencana di suatu wilayah rawan bencana diperlukan upaya penanggulangan bencana yang sifatnya terpadu, terintegrasi dan menyeluruh, untuk mengurangi risiko terhadap bahaya serta membangun ketahanan masyarakat terhadap bencana alam melalui kemampuan nasional dan lokal dalam mengelola kesiapsiagaan yang efektif.

Baca juga:  Integrasi Radar KRI

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel