Berita

LANUD HALIM GELAR LATIHAN RAJAWALI PERKASA 2012

Dibaca: 5 Oleh 19 Jun 2012Tidak ada komentar
LANUD HALIM GELAR LATIHAN RAJAWALI PERKASA 2012
#TNIAU 

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusuma Marsekal Pertama TNI A. Adang Supriyadi, SE secara resmi membuka Latihan Satuan dengan sandi “ Rajawali Perkasa 2012 “di Taxy Way Echo Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (19/6). Upacara pembukaan ditandai penyematan tanda peserta latihan dari Komandan Lanud Halim Perdanakusuma kepada perwakilan masing-masing Komando Latihan dan pelaku latihan. Sebagai Direktur latihan Komandan Wing 1 Lanud Halim Kolonel Pnb Ardhi Tjahjoko.

Latihan “Rajawali Perkasa 2012“ akan dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 19 Juni 2012 sampai dengan tanggal 21 Juni 2012. Gladi posko dilaksanakan, setelah acara pembukaan di Mako Wing 1 di Lanud Halim Perdanakusuma dan manuver lapangan tanggal 20 dan 21 di Lanud Halim Perdanakusuma dan di Lanud Suryadarma, Kalijati, Subang, Jawa Barat.

Komandan Lanud Halim dalam sambutannya menjelaskan latihan Rajasa ini merupakan puncak dari kegiatan Lanud Halim Perdanakusuma, yang terdiri dari perencanaan, gladi posko dan gladi lapang. Kegiatan ini melibatkan personel, alut sista, Brigade Anjing (Brigan) fasilitas dan sarana pendukung untuk menguji kesiapan pelaku dan satuan jajaran.

“Latihan ini sebagai tolak ukur keberhasilan pembinaan yang dilakukan oleh satuan-satuan selama ini khususnya dalam upaya menggerakan kemampuan untuk menghadapi berbagai kontijensi yang mungkin timbul sewaktu-waktu” tegas Danlanud Halim Perdanakusuma saat memberikan arahan kepada peserta latihan.

“Dengan Latihan Rajawali Perkasa 2012 Lanud Halim Perdanakusuma akan lebih siap melaksanakan dan mendukung operasi udara dalam rangka menghadapi tugas -tugas dimasa mendatang“ tegas Komandan Lanud Halim sebelum mengakhiri arahannya di Taxi Way Echo.

Latihan ini juga untuk melihat kemampuan operasi udara sesuai fungsi masing-masing dari Skadron Udara 2, Skadron Udara17, Skadron Udara 31 dan Skadron Udara 45. Selain itu juga kita melihat kemampuan pembinaan pemeliharaan alut sista beserta komponen-komponen dari Skadron Teknik 021 serta tercapainya kesiapan satuan dalam melaksanakan pengamanan pertahanan pangkalan.

Latihan kali ini untuk melihat kemampuan pengembangan taktik dan teknik operasi udara oleh setiap unsur serta macam, metode dan sifat latihan antara lain dinamika lapangan dengan penggunaan pasukan, latihan geladi posko dan manuver lapangan serta melibatkan 218 personel dari Skadron Udara 2, 17, 31, 45 dan Skatek 021, Wing 1 Paskhas, Batalyon 461 dan Batalyon 467.

Baca juga:  RAT Primkopau Angkasa Lanud Soewondo

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel