Berita

LANUD HALIM LOKASI LATIHAN FLY PASS PESAWAT TNI AU MENJELANG HUT RI KE-69

Dibaca: 37 Oleh 11 Agu 2014Tidak ada komentar
LANUD HALIM LOKASI LATIHAN FLY PASS PESAWAT TNI AU MENJELANG HUT RI KE-69
#TNIAU 

Direncanakan sekitar 32 pesawat tempur TNI AU akan memeriahkan peringatan detik-detik proklamasi ke-69 tanggal 17 Agustus 2014 di Istana Negara dengan terbang formasi (fly pass). Untuk itu, sejak Minggu (10/8) ke-32 pesawat tersebut, masing-masing 8 Pesawat Sukhoi dari Makassar, 8 Pesawat F-16 dan 11 Pesawat T 50i dari Madiun, 6 Hawk 100/200 dari Pekanbaru mulai berdatangan ke Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta. Pesawat-pesawat tempur tersebut ditempatkan di Terminal Selatan Lanud Halim Perdanakusuma guna melaksanakan latihan terbang formasi selama enam hari ke depan.

Menurut Direktur Demo Udara Posko Fly Pass HUT RI ke-69 Kolonel Pnb Bowo Budiarto, sesuai perintah Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau), terdapat 32 pesawat tempur TNI AU akan melaksanakan fly pass di atas peserta upacara peringatan HUT RI ke-69 di Istana Negara. Pesawat dibentuk dalam dua formasi besar terdiri dari flight satu meliputi 10 pesawat T-50 Golden Eagle dan 6 pesawat Hawk 100/200 dan flight kedua terdiri dari 8 pesawat F-16 termasuk 3 pesawat yang baru blok C/D 52 ID dan 8 pesawat Sukhoi SU-27/30, sehingga masing-masing flight ada 16 pesawat tempur. “Mereka akan membentuk formasi arrow dengan melintasi Istana Negara pada 17 Agustus 2014,” ujar Kolonel Pnb Bowo Budiarto, yang merupakan juga Asisten Operasi Koopsau I.

Baca juga:  Silaturahmi PIA AG Lanud Rsn dengan Keluarga Warakawuri

Ditambahkan, selama enam hari unsur-unsur pesawat tempur akan mengadakan latihan untuk mencapai penampilan terbaiknya. Seperti diketahui, flight penerbangan demo udara tersebut melibatkan pesawat tempur dan lokasi yang berbeda dari tiap-tiap unsurnya, sehingga perlu kesamaan visi dan pengenalan medan agar dalam demo tersebut dapat ditampilkan penampilan terbaik. “Oleh karena itu, tiap hari dilaksanakan dua kali latihan penerbangan untuk mencapai sinkronisasi gerakan dan pada tanggal 15 Agustus 2014 akan latihan di atas Istana Negara sebagai geladi kotornya,” tegas Kolonel Pnb Bowo Budiarto.

Selama Latihan Demo Udara pesawat tempur TNI AU tersebut, dibuat sebuah Posko Fly Pass HUT RI ke-69 tahun 2014 di terminal selatan Lanud Halim Perdanakusuma. Kegiatan latihan melibatkan lebih dari 500 personel baik crew udara, ground crew maupun pendukung dari tiap-tiap jenis pesawat tempur juga personel dari Lanud Halim Perdanakusuma. Selama kegiatan pejabat TNI AU seperi Danlanud Halim Perdanakusuma Marsma TNI Sri Pulung D.,S.E.,MMgt.Stud., Danlanud Iswahjudi Marsma TNI Donny Ermawan, M.D.S., dan lainnya menyaksikan langsung kegiatan latihan untuk mengarahkan para crew agar profesional dalam pelaksanaan tugasnya.

Baca juga:  Perdana Pupuk JST Bengkel Bumi Siap Didistribusikan di Pulau Ujung Barat Kota Sabang

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel