TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Lanud Halim Perdanakusuma Bersama BNN DKI Jakarta Gelar Cek Urin Dadakan

By 29 Oct 2018 Berita
WhatsApp_Image_2018-10-29_at_08.40.43

TNI AU.Lanud Halim Perdanakusuma bersama Badan Narkotika Basional (BNN) DKI Jakarta menggelar tes urin dadakan kepada seluruh Anggota Lanud Halim Perdanakusuma di Mako Wing Udara 1 Lanud Halim Perdanakusuma, Senin (29/10).

Komandan Satpomau Lanud Halim Perdanakusuma Letkol Pom Andi Sultan Ilyas menjelaskan, pengecekan urin seluruh anggota Lanud Halim Perdanakusuma dilaksanakan setelah upacara peringatan hari Sumpah Pemuda di appron antara Wing Udara 1 dengan Skaron Udara 17.

“Seluruh anggota Lanud Halim di dadak untuk melaksanakan tes urin, dengan tujuan untuk mencegah penggunaan narkotika psikotropika dan zat aditif lainnya (Napza) di kalangan Anggota Lanud Halim Perdanakusuma,” kata Dansatpomau Lanud Halim Perdanakusuma.

“Tidak hanya anggota Lanud Halim saja, tetapi juga ada crew dari maskapai Citilink dan Batik Air ikut melaksanakan tes tersebut,” lanjut Dansatpomau

Selanjutnya dijelaskan Dansatpomau, “Pemeriksaan yang dilakukan sejak pagi hingga siang, menyasar sekitar 500-an anggota Lanud Halim Perdanakusuma. Sebelum pelaksanaan tes urine, mereka terlebih dahulu melakukan pendaftaran, kemudian dilanjutkan dengan wawancara. terakhir, barulah sampel urine diberikan kapada petugas untuk diperiksa”.

Sedangkan menurut Krisna Anggara, S.H., M.Si., petugas BNN menjelaskan, ada 6 komponen zat yang akan diperiksa oleh BNN, dimana salah satu zat biasa ditemukan dalam obat-obat yang umum dijual di pasaran. Untuk itu, pada sesi wawancara, petugas akan menanyakan apakah yang bersangkutan selama 7 hari terakhir mengkonsumsi obat atau jamu.

“Bila dalam pemeriksaan pertama ditemukan indikasi yang bersangkutan mengonsumsi napza, maka akan didalami oleh BNN apakah yang bersangkutan dalam pengawasan dokter atau sedang mengonsumsi obat berdasarkan resep dokter. BNN juga akan mendalami bila yang bersangkutan terlibat jaringan sehingga akan jelas penangannya,” lanjutnya.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Lanud Halim Perdanakusuma Bersama BNN DKI Jakarta Gelar Cek Urin Dadakan