TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Lanud Halim Perdanakusuma dan PERUM LPPNPI Sepakati Kerjasama Navigasi Penerbangan

By 21 Nov 2018 Berita
WhatsApp_Image_2018-11-21_at_14.45.45

TNI AU.Lanud Halim Perdanakusuma sepakati Letter of Operational Coordination Agreement (LOCA) dengan Perusahaan Umum (PERUM) Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) Unit Jakarta Air Traffic Service Centre, kantor Cabang utama Bandara Soekarno-Hatta.

Kesepakatan ditindaklanjuti dengan penandatanganan LOCA antara Komandan Lanud Halim Perdanakusuma Marsma TNI M. Tonny Harjono, S.E., dan General Manager PERUM LPPNPI Cabang JATSC, Bapak Bambang Riyanto, di Gedung Suma 2 Baseops Lanud Halim P., Rabu (21/11).

Turut hadir pada acara tersebut Komandan Wing Udara 1 Kolonel Pnb Bambang Gunarto, S.E., M.M., Kadisops Lanud Halim P. Kolonel Pnb I Putu Setia D,  Kadislog Lanud Halim P. Kolonel Tek Vidion Nugroho S., S.T., Deputy GM Operasi 2 Bapak Widodo, Junior Manager Perencanaan dan Evaluasi APP PERUM LPPNPI Cabang JATSC Bapak Nurwenda, Kakum Lanud Halim P. serta perwakilan Air Nav Bandara Halim P.

Dalam sambutannya, Komandan Lanud Halim Perdanakusuma Marsma TNI M. Tonny Harjono, S.E., mengatakan frekwensi penerbangan di Lanud Halim Perdanakusuma tergolong tinggi, sehingga diperlukan koordinasi yang serius dalam melaksanakan pelayanan navigasi penerbangan dalam area Jakarta Flight Information Region, meliputi pelayanan Air Traffic Service, Alerting Service, dan Flight Information Service, guna kepentingan keselamatan penerbangan dan pertahanan keamanan nasional.

“Harus kita sadari, bahwa aktivitas penerbangan dalam area Jakarta Flight Information Region tentunya cukup padat. Karena itu, kami berharap dengan berlangsungnya penandatangan LOCA ini, maka pelayanan navigasi penerbangan yang dilaksanakan PERUM LPPNPI Cabang JATSC di wilayah udara Jakarta Flight Information Region dan di ruang udara Aerodrome Traffic Zone Halim Perdanakusuma dapat terkoordinasi dengan baik”, tegas Danlanud.

“Dengan demikian keselamatan, keamanan, dan kelancaran penerbangan untuk kepentingan pertahanan dan keamanan, kepentingan militer, serta pelayanan penerbangan sipil, dapat berjalan dengan baik pula”, lanjutnya.

Sementara General Manager PERUM LPPNPI Cabang JATSC, Bapak Bambang Riyanto mengatakan bahwa LOCA ini adalah yang ke-3, karena yang pertama kerjasama dengan Kosek III Medan, dan yang ke-2 dengan Kosek I Jakarta.

“Jakarta, lalu lintas penerbangannya sangat padat, apalagi menghadapi Natal dan Tahun baru mendatang, penambahan extra flight tidak dapat dihindari, sehingga perlu koordinasi yang intensif antara Lanud Halim Perdanakusuma dengan JATCS”, tambahnya.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Lanud Halim Perdanakusuma dan PERUM LPPNPI Sepakati Kerjasama Navigasi Penerbangan