Berita

Lanud Halim Perdanakusuma Gelar Latihan Survival

Lanud Halim Perdanakusuma Gelar Latihan Survival
#TNIAU 

TNI AU.   Komandan Wing Udara 1 Lanud Halim Perdanakusuma Kolonel Pnb Ali Gusman, S.T., M.M. membuka secara resmi Latihan Survival Dasar tahun 2020, di Appron Wing Udara 1 Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (03/02/2020).

“Latihan survival dasar ini bertujuan untuk melatih dan memelihara kemampuan awak pesawat untuk bertahan hidup dan mencari pertolongan ketika pesawat terpaksa melaksanakan pendaratan darurat baik di wilayah daratan maupun perairan”, kata Komandan Lanud Halim Perdanakusuma Marsma TNI M. Tonny Harjono, S.E. dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Danwing Udara 1 Lanud Halim Perdanakusuma Kolonel Pnb Ali Gusman, S.T., M.M.

Dijelaskannya, latihan Survival Dasar ini, merupakan salah satu perwujudan pelaksanaan tugas pokok Lanud Halim Perdanakusuma khususnya dalam hal pembinaan kemampuan operasi para personelnya.

“Materi yang dilatihkan adalah teori bertahan hidup yang dilaksanakan di Lanud Halim Perdanakusuma meliputi jungle survival, ilmu peta, ilmu tumbuhan dan hewan, dan teori rapling, tali-temali, serta teori sea survival”, ujarnya.

“Puncaknya adalah praktek survival di daerah latihan di wilayah Rumpin, Bogor pada tanggal 5-7 Februari 2020 mendatang”, tambahnya.

Baca juga:  Awali Tahun Baru 2019, Lanud Husein Sastranegara Gelar Apel Khusus

Dikatakannya, dalam latihan ini peserta latihan sebanyak 65 personel, dan telah dibagi dalam beberapa kelompok yang disusun sedemikian rupa mirip dengan komposisi awak pesawat.

“Kerjasama antar anggota kelompok menjadi sangat penting dalam menghadapi rintangan dan hambatan di alam untuk mendapatkan pertolongan sesegera mungkin”, ujarnya.

“Keterampilan teknik, strategi dan soliditas kelompok yang baik menentukan tingkat keberhasilan latihan ini”, pungkasnya.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel