Berita

LANUD HALIM PERDANAKUSUMA PELAJARI BUDIDAYA TANAMAN KERAS

Dibaca: 10 Oleh 13 Des 2013Tidak ada komentar
BAe Hawk 209
#TNIAU 

Danlanud Halim Perdanakusuma Marsma TNI Sri Pulung D. SE., MMgt., Stud., melalui Komandan Skatek 021 Letkol Tek Vidion Nugroho dan personel lainnya pelajari untuk pembudidayaan beberapa jenis tanaman keras di lahan milik Paguyuban Budiasi, Sentul, Bogor, Jumat (13/12). Paguyuban Budiasi (Budi Daya Trembesi) merupakan pusat kegiatan pembibitan warga, aktivis lingkungan dalam membudidayakan bibit tanaman keras. Dari kebun Budiasih, warga paguyuban membagi bibit pohon secara gratis kepada yang memerlukan. Dua tahun terakhir, sudah disalurkan sekitar 2,5 juta bibit pohon ke seluruh wilayah Indonesia.

Dalam penjajagan di lahan milik Paguyuban Budiasi tersebut tim Lanud Halim Perdanakusuma diterima Suparno dan Rahayu yang menjelaskan tentang teknik pembibitan tanaman keras yang berkualitas. Dijelaskannya beberapa tahapan kegiatan penghijauan lahan meliputi pertama penanaman pohon yang bersifat frontier adalah pohon-pohon yang memiliki karakter cepat tumbuh dan memiliki nilai keekonomian seperti pohon trembesi, sengon, jati, gamelina/jati putih, mahoni Uganda, meranti, kayu Afrika, suren dan jabon.

Kedua penanaman pohon asli Kabupaten Bogor dan Jawa Barat sebagai usaha untuk melestarikan bio diversity asli, yang berfungsi untuk restorasi lingkungan agar kembali hijau, pohon-pohonnya meliputi, rasamala, puspa, putri dan damar. Terakhir pohon buah-buahan asli yang bertujuan juga untuk melestarikan bio diversity asli sebagai upaya untuk tetap menjaga kelestarian dan kekayaan alam seperti pohon menteng, pala, rambutan dan nangka.

Baca juga:  DANWINGDIKUM TERIMA CINDERA MATA SISWA SUSPA INTELUD KE – 25

Menurut Komandan Skatek 021 Letkol Tek Vidion Nugroho atas instruksi Danlanud Halim Perdanakusuma, lahan di sekitar Skadron Teknik 021 akan dihijaukan dengan pembudidayakan bibit tanaman keras, untuk kemudian di tanam di lahan-lahan yang tersedia.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel