TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Lanud Hnd Latihan Penanggulangan Huru Hara Jelang Pemilu 2019

By 08 Feb 2019 February 11th, 2019 Berita
WhatsApp_Image_2019-02-09_at_18.42.48-1

TNI AU. Dalam rangka mendukung pengamanan Pemilihan Umum Legislatif dan Presiden tahun 2019, Lanud Sultan Hasanuddin siap memberi perbantuan kepada Pemda dan Polri untuk mengatasi tindakan unjuk rasa masyarakat yang tidak puas akan hasil Pemilu yang akan dilaksanakan bulan April 2019 mendatang.

Prajurit Lanud Sultan Hasanuddin, Jumat (8/2) melaksanakan latihan Penanggulangan Huru Hara (PHH) di Apron Galaktika dan depan pintu gerbang disamping kolam renang Oscar Lanud Sultan Hasanuddin. Pasukan PHH Lanud Sultan Hasanuddin setelah mendapat sosialisasi Netralitas TNI dan pembekalan kemudian dilaksanakan simulasi latihan yang dipimpin langsung Kasi Kamhanlan Disops Lanud Sultan Hasanuddin Letkol Pas Baharuddin juga dibantu pelatih dari Batalyon Komando 466 Paskhas.

“Latihan ini dititikberatkan pada prosedur-prosedur, tindakan yang dilarang dan dibolehkan dalam menanggulangi massa, dengan dipahaminya aturan dalam melaksanakan tugas tersebut maka prajurit di lapangan mempunyai payung hukum yang dipedomani dalam pelaksanaan tugas sehingga tidak ada keraguan dalam bertindak dalam menangani para pengunjuk rasa”, ujar Kasi Kamhanlan.

Komandan Lanud Sultan Hasanuddin Marsma TNI H. Haris Haryanto, S.IP. beserta para pejabat Lanud Sultan Hasanuddin juga turut menyaksikan pelaksanaan latihan PHH tersebut. Dalam kesempatan itu, Danlanud Sultan Hasanuddin menyampaikan bahwa latihan Penanggulangan Huru Hara ini dilaksanakan untuk melatih kemampuan Prajurit Lanud Sultan Hasanuddin dalam mengantisipasi perkembangan situasi ke depan yang berhubungan dengan pelaksanaan Pemilihan Umum Legislatif dan Presiden mendatang. Selain itu, latihan ini juga untuk mempersiapkan penanganan aksi unjuk rasa apabila massa melaksanakan tindakan anarkis, langkah awal yang harus dilakukan adalah upaya pencegahan dengan tindakan tegas dan terukur, sesuai prosedur yang berlaku.

 

 

Pos Terkait

Kirim Komentar/Pertanyaan

Lanud Hnd Latihan Penanggulangan Huru Hara Jelang Pemilu 2019