Berita

LANUD HUSEIN DUKUNG LATGULTOR TRI MATRA VI

Dibaca: 5 Oleh 01 Feb 2012Tidak ada komentar
LANUD HUSEIN DUKUNG LATGULTOR TRI MATRA VI
#TNIAU 

Pangkalan TNI Angkatan Udara Husein Sastranegara (Lanud Husein S.) mendukung Latihan Penanggulangan Antiteror (Latgultor) Tri Matra VI yang berlangsung Rabu dinihari (1/2).

Dalam skenario latihan Lanud Husein menjadi Satuan Pelaksana Operasi (Satlakops) yang bertugas melaksanakan tindakan awal gultor penyanderaan dan pembajakan pesawat udara di Bandara Husein Sastranegara dengan menggelar unsur Pertahanan Pangkalan (Hanlan), Satuan Polisi Militer (Satpomau), dan Unsur Intelijen. Unsur-unsur tersebut bertugas untuk mengisolir tempat kejadian perkara (TKP), memindahkan warga sipil dari TKP, menyekat ruang gerak teroris dengan pola Ring, menyiagakan unsur Base Rescue dan Pemadam Kebakaran (PK) pada hari “H” jam “J” dalam rangka mendukung tugas Satuan Tugas Gabungan (Satgasgab) Gultor TNI.

Demikian penjelasan yang disampaikan oleh Kepala Dinas Operasi, Letkol Pnb Imam Subekti, ST., MIR., mewakili Komandan Lanud Husein, Kolonel Pnb Umar Sugeng Hariyono, S.IP., SE., MM., dalam pelaksanaan latgultor dinihari tadi.

“Bagaimana kesiapan unsur-unsur lanud seandainya terjadi peristiwa pembajakan pesawat oleh teroris, hal tersebut yang dilatihkan pada kesempatan ini”, urai Kadisops. Ketika operasi gultor harus dijalankan ada tiga tahap yang harus dilalui guna meraih sukses, yaitu tahap persiapan, pelaksanaan dan pengakhiran untuk satuan setingkat Satlakops.

Baca juga:  Lanud Suryadarma Sukseskan Gerakan Indonesia Bersih

Tahap pertama meliputi pengiriman berita ke komando atas, meyiapkan sarana dan prasarana berupa dukungan personel dan logistik, kemudian tahap kedua antara lain melaksanakan tindakan awal berupa lokalisir TKP, memberikan dukungan kepada Satgasgab Gultor TNI, menyiapkan unsur-unsur lanud, serta terakhir tahap pengakhiran berupa konsolidasi dan memberikan laporan kembali ke komando atas tentang pelaksanaan terhadap dukungan gultor yang terjadi di lanud atau bandara.

Latihan yang dimulai tepat pukul tiga dini hari berlangsung sukses, dalam arti latihan benar-benar dikondisikan mendekati realitas sesungguhnya, seperti pemadaman lampu sehingga kondisi gelap gulita melingkupi pangkalan dan bandara yang memungkinkan gerakan senyap pasukan khusus tri matra tidak terdeteksi musuh.

Air landed pesawat Herkules pun berlangsung cepat ketika menurunkan kendaraan taktis dan para peterjun di landasan hingga pelumpuhan teroris serta penyerahannya kepada Satpomau Lanud Husein.

“Personel Lanud Husein yang terlibat aktif antara lain dari yaitu Satpomau 30 orang dan Unsur Intelijen 12 orang, Base Rescue lima orang, serta dukungan juga datang dari Bandara Husein sebagai TKP, serta unsur-unsur pendukung penerbangan lainnya”, tambah Kadisops.

Baca juga:  Satuan Bravo 90 Paskhas Naik Podium Pada Kejuaraan Lomba Tembak Wing I Paskhas

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel