Berita

Lanud Husein Kenali Hepatitis B Sejak Dini

Dibaca: 323 Oleh 06 Okt 2016Tidak ada komentar
IndonesianAF 1
#TNIAU 

Penyakit Hepatitis B adalah salah satu jenis penyakit menular yang menyerang hati dimana cara penularannya bisa melalui jarum suntik atau berhubungan seks. Penyakit hepatitis B merupakan bentuk penyakit hepatitis yang lebih serius dibandingkan dengan jenis penyakit hepatitis lainnya, demikian disampaikan dr. Anissa Nia fatmawati. Sp. PD dalam sosialisasi penyakit hepatitis B di Gedung Graha Antariksa Lanud Husein Sastranegara (06/10).

Tambahnya bahwa, Penderita penyakit hepatitis B bisa terjadi pada setiap orang dari semua golongan umur. Hal ini dikarenakan penyakit hepatitis B merupakan salah satu penyakit yang mudah menular kepada orang lain. Jenis penyakit ini bisa menjadi kronis apabila tidak segera diobati secara serius. Dibandingkan dengan virus HIV, virus hepatitis B (HBV) lebih ganas dan lebih mudah menularkan. Gejala penyakit hepatitis B ringan biasanya selera makan hilang, rasa tidak enak di perut, mual sampai muntah, demam ringan, kadang-kadang disertai nyeri sendi dan bengkak pada perut kanan atas. Setelah satu minggu akan timbul gejala utama seperti bagian putih pada mata tampak kuning, kulit seluruh tubuh tampak kuning dan air seni berwarna seperti teh.

Baca juga:  36 Personel PNS TNI AU ikuti Pendidikan di Skadik 501 Wingdikum

Di akhir ceramahnya dr Nia menjelaskan bahwa prajurit TNI adalah salah satu yang paling rentan terhadap penyakit hepatitis karena seringnya penugasan, aktivitas yang banyak menguras tenaga dan konsumsi makanan yg tidak terarur. Ada 3 kemungkinan tanggapan kekebalan yang diberikan oleh tubuh terhadap virus hepatitis B pasca periode akut. Kemungkinan pertama, jika tanggapan kekebalan tubuh kuat maka akan terjadi pembersihan virus, pasien sembuh. Kedua, jika tanggapan kekebalan tubuh lemah maka pasien tersebut akan menjadi carrier inaktif. Ketiga, jika tanggapan tubuh bersifat intermediate (antara dua hal di atas) maka penyakit terus berkembang menjadi hepatitis B kronis.

Ceramah ditutup dengan pemeriksaan darah terhadap personil militer maupun PNS Lanud Husein sebagai langkah deteksi dini terhadap virus hepatitis B yang di ikuti seluruh anggota Lanud Husein. Kegiatan ini dihadiri pula Kadisops Letkol Nav Wahyu Bintoro, Kadispers Letkol Adm Sjafriel Achmadi dan beberapa Kasi dan Perwira Lanud Husein.

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel