Berita

LANUD HUSEIN KOORDINASI BINWILHAN

Dibaca: 3 Oleh 03 Jun 2010Tidak ada komentar
Sukhoi Su-27
#TNIAU 

Untuk menyatukan persepsi dan mindset tentang Pembinaan Wilayah Pertahanan (Binwilhan) di Lanud Husein Sastranegara, Dinas Operasi melalui Seksi Pertahanan Pangkalan (Hanlan) melaksanakan forum bersama dalam bentuk pertemuan dengan beberapa perusahaan di sekitar Lanud Husein S., yang diselenggarakan di Ruang Rapat Lanud Husein S., Rabu (2/6).

Komandan Lanud Husein S., Kolonel Penerbang Asep Adang Supriyadi dalam sambutannya menyatakan bahwa maksud diadakannya pertemuan ini adalah untuk menyiapkan sedini mungkin sarana dan prasarana yang ada di wilayah pangkalan dalam menghadapi segala kemungkinan yang akan terjadi maupun sudah terjadi, utamanya menyangkut pertahanan pangkalan.

“Pertahanan pangkalan baik personel maupun material di lingkungan pangkalan adalah tanggung jawab bersama. Untuk itu diperlukan koordinasi lebih lanjut dalam merumuskan pertahanan pangkalan ini”, demikian tambah Danlanud. Lebih lanjut Danlanud menyampaikan bahwa keselamatan penerbangan dan kebersihan lingkungan adalah hal yang patut dijaga sehingga dapat menjadi sandaran bagi terciptanya pertahanan pangkalan yang optimal.

Pertemuan yang dihadiri oleh kurang lebih 30 orang yang mewakili antara lain PT. Dirgantara Indonesia, Bandara Husein Sastranegara, Pertamina, Ketua RW di lingkungan Lanud Husein S., dan para pejabat Lanud terkait, dilanjutkan dengan paparan tentang Hanlan yang disampaikan oleh Kepala Dinas Opersi (Kadisops), Letkol Nav Triswan Larosa, yang mencuatkan sebuah rencana dengan akan diadakannya latihan bersama dengan seluruh tenaga pengamanan perusahaan yang bertempat di dalam maupun seputaran Lanud Husein S.

Baca juga:  Bupati Bandung Lepas 442 Jemaah Calhaj Kab. Bandung

Dengan merujuk kepada beberapa dokumen yang dijadikan dasar dalam mewujudkan pengamanan dan pertahanan horizontal diantaranya Undang-Undang RI Nomor 3 Tahun 2003 tentang Pertahanan Negara, Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 63 Tahun 2004 tentang Pengamanan Objek Vital Nasional, dan Program Tetap Hanlan Lanud Husein S., Kadisops menguraikan perlunya didapat kata sepakat dalam melaksanakan Binwilhan yang mencakup area yang cukup luas di wilayah Lanud Husein S.

Situasi dan kondisi masyarakat sekitar pangkalan akan sangat mempengaruhi pengamanan dan keamanan pangkalan guna terciptanya rasa aman, tentram dan tertib. Untuk itu diperlukan personel yang mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawab di lapangan secara lebih terkoordinasi.

Tampak dalam gambar Komandan Lanud Husein Sastranegara, Kolonel Pnb Asep Adang Supriyadi menyambut kedatangan para undangan yang hadir dalam pertemuan tersebut.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel