Berita

Lanud Husein Sastranegara dan Bea Cukai Gagalkan Penyelundupan 1.595 gram Methamphetamin

Lanud Husein Sastranegara Dan Bea Cukai Gagalkan Penyelundupan 1.595 Gram Methamphetamin
#TNIAU 

TNI AU.  Tim interdiksi terpadu Bandara Husein Sastranegara Bandung yang terdiri dari Polisi Militer (POMAU) dan intelijen Lanud Husein Sastranegara, Bea Cukai Bandara dan Badan Narkotika Nasional Propinsi (BNNP) Berhasil menggagalkan penyelundupan 1,595 gram narkotika jenis Methamphetamine yang dibawa penumpang perempuan Warga Negara Afrika Selatan berinisial CN ,44 tahun di Bandara Husein Sastranegara, Bandung Rabu (26/6/2019).

Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Jawa Barat Bapak Syaifullah Nasution menyatakan, pada hari 26 Juni 2019 yang bertepatan dengan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) kami melakukan konfrensi press yaitu penumpang tersebut ditangkap dari pesawat Keberangkatan JNB Afrika-Singapore-Bandung.

“Tim menggagalkan narkotika lintas negara dan mengamankan penumpang perempuan Warga Negara Afrika yang kedapatan membawa narkotika jenis sabu dengan modus menyembunyikan di badan pelaku (Body stripping).”ujarnya saat konfrensi prres.

Dia menyebutkan, tim yang terdiri dari gabungan BNN Provinsi Jabar, Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean (TMP) A Bandung, Kanwil Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Jawa barat, Kantor Pusat DJBC dan Petugas Imigrasi UPT Bandung, Polisi Militer Dan Intelejien Lanud Husein Sastranegara langsung bertindak cepat menggagalkan penyelundupan barang haram tersebut setelah mendapatkan informasi.

“Kecurigaan jatuh pada seorang eks penumpang pesawat Silk Air rute Singapore-Bandung dengan nomor penerbangan MI192 yang mendarat pada Kamis, (20/6/2019) pukul 09.30 WIB. Petugas gabungan langsung melakukan pemeriksaan terhadap penumpang an. Collen Nappies, perempuan, 44 tahun, warga negara Afrika Selatan di ruang pemeriksaan bandara,” jelasnya.

Dari hasil pemeriksaan barang bawaan dan badan dari penumpang tersebut, lanjut Syaifullah, ditemukan di badannya terdapat bungkusan yang disembunyikan yang di duga Methampetamine.

“Petugas berhasil membuat pelaku mengeluarkan secara bertahap semua bungkusan yang disembunyikan di dalam badannya, dengan jumlah total didapatkan 3 bungkus dengan berat 1.595 gram,” katanya.

Berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium sementara terhadap kristal bening yang terdapat di dalam bungkusan tersebut, positif terdeteksi sebagai sabu atau Methamphetamine.

Hingga saat ini, bidang Pemberantasan BNNP Jabar bersama petugas Bea Cukai sedang Melakukan pengembangan penyelidikan lebih lanjut terhadap penerima barang.

Dalam Konfrensi Press ini di ikuti oleh Direktur Penindakan Narkotika Polda Jabar AKBP Drs Mulyadi, Kepala Humas Kejaksaan Jawa Barat Bapak Arie Arifin SH. MH. Kepala BNNP Jawa Barat Brigjen Syufyan Syarif Saat, komandan Satuan Polisi Militer Lanud Husein Sastranegara Mayor Pom Krisna Hariyanto dan Manager Operasi Bandar Udara Husein Sastranegara Bapak Sumarsono.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel