Berita

Lanud J.B. Soedirman Ajak Para Pelajar Bergabung di Sekolah Unggulan SMA Pradita Dirgantara

By 11 Jan 2019 January 14th, 2019 No Comments
IMG-20190112-WA0001
#TNIAU #TNI-AU

TNI AU. Lanud J.B. Soedirman melaksanakan sosialisasi tentang SMA Pradita Dirgantara kepada siswa-siswi SMPN 1 Perworejo Klampok Kab. Banjarnegara, SMP Negeri 1 Kabupaten Purbalingga dan SMP Negeri 3 Kabupaten Purbalingga, Jum’at (11/01). Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk menjaring siswa-siswi berprestasi untuk melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi selepas mereka lulus dari SMP. Sosialisasi juga akan direncanakan dibeberapa sekolah sekolah unggulan dibeberapa Kabupaten disekitar wilayah Jawa Tengah bagian barat.

Tim sosialisasi Lanud J.B. Soedirman tentang SMA Pradita Dirgantara ini terdiri dari, Ketua Cabang Yasarini Lanud J.B Soedirman Ny, Putu Sucahyadi dan Wakil Ketua Ny, Naharudin serta Kadispers Lanud JBS beserta jajarannya. Kunjungan Tim Sosialisasi ke ketiga Sekolah tersebut mendapat sambutan yang hangat dan antusias dari ratusan siswa, hal ini bisa dilihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada Tim Sosialisasi. Dalam sosialisasi ini para siswa menerima penjelasan tentang profil SMA Pradita Dirgantara, menerima penjelasan tentang cara pendaftaran online serta menerima brosur tentang SMA Pradita Dirgantara.

Ketua Cabang Yasarini Lanud J.B Soedirman Ny, Putu Sucahyadi dalam kesempatan tersebut menerangkan menyampaikan visi sekolah SMA Pradita Dirgantara adalah menjadi lembaga pendidikan menengah yang bereputasi di tingkat internasional dengan tetap menjunjung tinggi budaya nasional untuk menghasilkan calon pemimpin bangsa yang beriman, cerdas, kreatif, mandiri dan berwawasan kedirgantaraan.

“Selain pembelajaran secara umum, SMA Pradita Dirgantara juga memiliki kurikulum tentang kedirgantaraan salah satunya adalah pelajaran wajib kedirgantaraan ekstrakurikuler aeromodelling. SMA Pradita Dirgantara menggunakan kurikulum SNP Plus dan didukung penuh oleh TNI AU, Yayasan Ardhya Garini (Yasarini) dan Universitas Sebelas Maret (UNS),” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Personel Lanud JBS Kapten Adm M. Soni Sobri menyatakan bahwa untuk dapat masuk menjadi siswa Pradita Dirgantara dibutuhkan mutu dan kualitas dari calon-calon siswa didik sendiri. Grade yang dibutuhkan memang sangat tinggi diantaranya untuk mata pelajaran Matematika, IPA dan Bahasa Inggris minimal dengan nilai 9.00. Selain itu pula, terdapat dua kali seleksi yaitu seleksi tingkat daerah yang dilaksanakan di Lanud J.B. Soedirman dan seleksi tingkat pusat yamg dilaksanakan di Solo.

Pada kesempatan yang berbeda beberapa waktu lalu pada saat menerima kunjungan 7 siswa SMA Pradita Dirgantara pendaftaran dari Lanud J.B. Soedirman yang sedang melaksanakan liburan sekolah , Komandan Lanud J.B. Soedirman menyampaikan bahwa pada penerimaan tahun ajaran yang lalu terdapat 7 orang siswa pengiriman dari Lanud J.B. Soedirman berasal dari Kabupaten Banyumas dan Kabupaten Purbalingga yang saat ini sedang melaksanakan pendidikan di SMA Pradita Dirgantara dan beberapa diantaranya akan masuk kelas akselerasi. “Dilihat dari potensi sumber daya manusia yang ada di wilayah sekitar Lanud JBS, diharapkan tahun ini animo pendaftar dan yang diterima akan lebih banyak, untuk itu saya meminta kepada para siswa pengiriman dari Lanud J.B. Soedirman yang sudah bergabung di SMA Pradita Dirgantara untuk ikut mempromosikan dan mengajak adik adiknya yang ada di wilayah ex-Keresidenan Banyumas dan sekitarnya memanfaatkan kesempatan baik ini untuk memperoleh beasiswa sekolah unggulan di SMA Pradita Dirgantara,” himbaunya.

Leave a Reply