Berita

Lanud J.B. Soedirman Gelar Sholat Idul Adha 1443 H/2022 M

Dibaca: 8 Oleh 11 Jul 2022Tidak ada komentar
WhatsApp Image 2022 07 10 at 18.54.27
#TNIAU 

TNI AU. Menyambut Hari Raya Idul Adha 1443 H tahun 2022, Komandan Pangkalan TNI AU Jenderal Besar Soedirman Letkol Nav Marino Adam Darmawan, S.T., M.M. dan anggota beserta keluarga dan warga sekitar melaksanakan sholat Ied  di Masjid Al Ikhlas Lanud J.B. Soedirman (Minggu 10/7).  Kegiatan sholat Ied diakhiri dengan sambutan Danlanud J.B. Soedirman dilanjutkan khotbah Idul Adha oleh Ustad Yanto.   Kegiatan sholat Ied berlangsung dengan tertib dan aman dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Dalam sambutannya Danlanud J.B. Soedirman menyampaikan sambutannya tentang hikmah perayaan hari raya Idul Adha 1443 H, dimana hari raya ini merupakan momen yang tepat untuk melaksanakan introspeksi diri dalam kehidupan sehari-hari, juga untuk memotivasi kita agar rela dan ikhlas mengorbankan sesuatu yang kita miliki untuk kepentingan umat.  Dalam ibadah qurban terdapat nilai-nilai sosial kemanusiaan, karena ibadah qurban mengajarkan kita untuk mencintai sesama, saling menolong, saling memberi dan peduli, sehingga muaranya akan dapat mengokohkan semangat kebersamaan.  Ini adalah salah satu akar yang mudah-mudahan dapat kita ambil hikmahnya dari Hari Raya Idul Adha saat ini, sesuai dengan tema peringatannya “Menumbuhkan kepedulian sosial”.

Baca juga:  DTU Kesemaptaan Bea Dan Cukai T.A. 2015 Di Yonko 464 Paskhas Ditutup

Ustad Yanto, dalam ceramahnya meyampaikan hikmah memperingati Hari Raya Idul Adha dalam bentuk takbir dan tasyakur, sebagai wujud kebesaran Ilahi dan dalam suasana ibadah ritual yang penuh hikmah dan sakral ini marilah kita singkirkan sejenak berbagai persoalan yang berkaitan dengan harta benda duniawi, kita hadirkan diri kita kehadirat Allah SWT dengan penuh khusu’, tawadhu dan tadharu dengan senantiasa membesarkan dan mengagungkan asma Allah yang selanjutnya kita aplikasikan ke dalam setiap pola kehidupan bermasyarakat sebagai wujud dari upaya kita untuk senantiasa meningkatkan takwa kehadirat Allah SWT.  Takwa dalam arti memperkokoh akidah, menegakkan ibadah dan mu’amalah, seperti yang sudah dimanifestasikan oleh Nabi Ibrahim A.S. dan Ismail A.S. yang telah menciptakan sejarah besar umat manusia di atas dunia ini.

Perayaan Hari Raya Idul Adha 1443 H diakhiri dengan penyerahan hewan korban oleh Danlanud J.B. Soedirman kepada Panitia korban di masjid Al Ikhlas Lanud J.B. Soedirman yang selanjutnya disembelih dan dagingnya dibagikan kepada masyarakat sekitar dan yang berhak.

Baca juga:  OUTBOUND DI LANUD HUSEIN SASTRANEGARA

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel