Berita

Lanud Maimun Saleh dan Satrad 233 Ziarah ke Makam Sersan Udara Maimun Saleh

By 08 Apr 2019 April 9th, 2019 No Comments
DSC_9637
#TNIAU #TNI-AU

TNI AU. Dalam rangka memperingati HUT TNI AU yang ke 73 tahun 2019, Komandan Lanud Maimun Saleh Letkol Pnb Yudha Irawan didampingi oleh Ketua PIA Ardhya Garini Cab.16/D.I Lanud Maimun Saleh Ny. Trisa Yudha Irawan, Dansatrad 233 Mayor Lek Firmansyah, M. SC anggota Lanud Maimun Saleh dan Satrad 233 sabang melaksanakan ziarah ke makam Sersan Udara Maimun Saleh yang terletak di Aneuk Galong Sibreh, Kecamatan suka makmur Kabupaten Aceh Besar, Senin (08/4).
Kegiatan Ziarah diikuti oleh para kadis, Anggota Lanud Maimun Saleh, Satrad 233 dan bergabung dengan Lanud Sultan Iskandar Muda, serta pengurus PIA Ardhya Garini Lanud Maimun Saleh, IKKT. Pelaksanaan ziarah dalam rangka HUT TNI AU yang ke-73 sekaligus menjalin hubungan tali silaturahmi dengan keluarga besar Almarhum Maimun Saleh.

Sekilas tentang beliau , Sersan Udara Maimun Saleh adalah Putra Daerah Istimewa Aceh yang lahir pada tanggal 14 Mei 1929 di Kota Raja (sekarang Banda Aceh) beliau menempuh pendidikan di sekolah Taman Siswa dan Sekolah Menengah Islam di kota kelahirannya. Pada 1 Agustus 1952 Sersan Udara Maimun Saleh sedang menerbangkan pesawat intai Auster IV-R-80 dalam rangka latihan rutin diatas Pangkalan Semplak Bogor. Dalam latihan tersebut Sersan udara Maimun Saleh mengalami kecelakaan dan gugur. Dengan gugurnya Sersan Udara Maimun Saleh, Angkatan Udara telah kehilangan sosok pemuda pembangunan Angkatan Udara Republik Indonesia.

Untuk mengenang jasa Sersan Udara Maimun Saleh, Angkatan Udara Republik Indonesia mengabadikannya sebagai nama lapangan terbang militer Lhoknga dan detasemen AURI Banda Aceh. Setelah lapangan terbang Lhoknga tidak digunakan lagi karena telah dibangun Bandara Blang Bintang (SIM), maka nama Maimun Saleh kemudian diabadikan pada lapangan terbang Cot Ba’u di Sabang.

Leave a Reply