Berita

Lanud Maimun Saleh Menggelar Latihan Crash Team TA 2019.

Lanud Maimun Saleh Menggelar Latihan Crash Team TA 2019.
#TNIAU 

Berawal dari satu pesawat penumpang dengan kode Pesawat PKCT-XXX type Cassa terbang tinggal landas pada pukul 08.30 Wib dari Lanud Maimun saleh menuju Medan, setelah terbang selama 3 menit pesawat mengalami Engine On Fire pada mesin sebelah kanan dan Return To Base (RTB) untuk melaksanakan prosuder pendaratan kembali ke Lanud Lanud Maimun saleh. Pesawat diperkirakan membawa 10 orang penumpang dan 5 crew.

Petugas Pengatur Lalu Lintas Udara (PLLU) menginformasikan ke Kadisops Lanud Maimun Saleh, bahwa pesawat mengalami Engine On Fire pada mesin sebelah kanan dan pesawat kembali ke Sabang serta melaksanakan pendaratan darurat, selanjutnya Kadisops segera memerintahkan kepada petugas Tim Kecelakaan (crash team) dan unsur terkait agar segera mempersiapkan timnya. Sesaat setelah landing di runway 28, pesawat mengalami Crash landing dan tergelincir ke sisi kanan runway 28. Rabu (18/09).

Kejadian tersebut langsung mendapat penanganan dari crash team gabungan yang terdiri dari unsur Baseops, Pemadam Kebakaran (PK), tim kesehatan dari Satuan Kesehatan (Satkes) Lanud Maimun Saleh dan Bandara Udara Maimun Saleh, Satpomau, Intelijen, serta pendukung lainnya.

Masing-masing dengan sigap dan cekatan menangani kecelakaan tersebut sesuai tugas pokoknya, mengamankan Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan mengevakuasi korban ke tempat triase untuk dipilah mana korban gawat darurat, gawat tapi tidak darurat, luka ringan, meninggal Untuk di record dan ditangani lebih lanjut di Rumkit setempat guna diberikan pertolongan.

Kasi Opslat Disops Lanud Maimun Saleh Lettu Lek M. Khoirul, menyampaikan bahwa maksud dilaksanakan latihan crash team ini untuk memberikan bekal pengetahuan dan pemahaman serta melatih anggota Lanud Maimun Saleh terhadap pelaksanaan pemadaman kebakaran, cara penyelamatan awak pesawat, evakuasi korban, serta pengamanan lingkungan sekitar yang dilakukan secara terintegrasi.

Komandan Lanud Maimun Saleh Letkol Pnb Yudha Irawan dalam evaluasi latihan menyampaikan bahwa Latihan ini bertujuan untuk menjaga dan bahkan meningkatkan profesionalisme personel Crash Team Lanud Maimun Saleh dan Bandara Udara Maimun Saleh dalam menghadapi kejadian sebenarnya, sekaligus mengecek kesiapan peralatan dan perlengkapan yang dimiliki sehingga apabila terjadi kejadian yang sebenarnya peralatan dan perlengkapan tersebut benar-benar dapat difungsikan.

Latihan ini melibatkan semua unsur yang mendukung penerbangan serta diikuti oleh 70 personel Lanud Maimun Saleh dan Tim Kesehatan serta PMK Bandara Maimun Saleh Sabang.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel