Berita

Lanud Manuhua Laksanakan Latihan Pertahanan Pangkalan

Dibaca: 11 Oleh 01 Des 2016Tidak ada komentar
emb 314
#TNIAU 

Menanggapi eskalasi situasi didaerah papua yang biasa terjadi setiap bulan Desember, Lanud Manuhua berupaya untuk tetap siaga guna membantu Instansi pengamanan lain seperti Polri apabila sewaktu-waktu membutuhkan bantuan pasukan, karena Sampai saat ini di Papua masih ada salah satu kelompok separatis yang dianggap masih membahayakan keutuhan dan kedaulatan NKRI. Biasanya kelompok tersebut berusaha untuk mengibarkan bendera yang menjadi lambang kebesaran kelompoknya. Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, kewaspadaan terhadap pertahanan markas atau pangkalan Lanud Manuhua menjadi tanggung jawab utama seluruh personil Lanud Manuhua, maka dari itu tiap-tiap personel wajib mengetahui langkah dini apabila ada gangguan yang membahayakan keamanan Pangkalan.

Dalam rangka membekali pengetahuan dan pedoman untuk memahami dengan baik bagaimana dan langkah apa yang harus dilakukan tiap-tiap personel Lanud Manuhua dalam meksanakan pertahanan pangkalan, seluruh personel Lanud Manuhua mengikuti Latihan Pertahanan Pangkalan (Hanlan) semester II Tahun 2016. Mengawali seluruh rangkaian kegiatan latihan, Upacara pembukaan digelar dilapangan apel STAB Lanud Manuhua. Dalam amanatnya Danlanud Manuhua Kolonel Pnb Arif Widianto, S. AB., M. TR (HAN) yang bertindak selaku Inspektur upacara berpesan kepada seluruh peserta latihan agar melaksanakan program latihan dengan baik, sungguh-sungguh dan penuh semangat serta mematuhi prosedur latihan yang berlaku, disamping itu Beliau juga menekankan agar seluruh rangkaian kegiatan hanlan diresapi dan dipahami oleh peserta latihan, guna meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan dalam melaksanakan pengamanan wilayah pangkalan TNI AU Manuhua mengingat letak Lanud Manuhua berada di daerah rawan terkendali.

Baca juga:  RUMKIT LANUD RANAI ADAKAN FOGGING

Latihan Hanlan rencana akan dilaksanakan selama 3 (tiga) hari mulai tanggal 30 November 2016 sampai dengan tanggal 2 Desember 2016. Setelah pelaksanaan upacara pembukaan Peserta latihan dibekali berbagai materi kegiatan tentang taktik dan teknik Pertahanan Horizontal Pangkalan TNI AU, Patroli pengamanan, dan Serangan balasan, serta latihan penindakan keadaan huru hara. Pembekalan materi kepada seluruh peserta latihan dilaksanakan di dalam ruang Baseops Lanud Manuhua

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel