TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Lanud Padang Adakan Gladi Latihan Bersama PKD Di Bandara Bim

By 30 Apr 2015Berita
21722ef118dabb8b34f8ca385dddf40d

Lanud Padang mengadakan gladi latihan bersama Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Padang Pariaman, Kamis (30/4). Latihan PKD merupakan latihan terpadu yang dilakukan secara berkala untuk menguji fungsi Koordinasi, Komunikasi, dan Komando antar unit. Diantaranya terdapat simulasi kecelakaan pesawat, kebakaran, penanganan teroris, serta gangguan keamanan. Danlanud Padang Ltk Pnb Mohammad Apon, ST.MPA menjelaskan latihan bersama penanggulangan keadaan darurat dengan Bandara BIM ini dilaksanakan untuk menguji kesiap siagaan bagi personil Lanud Padang dalam menghadapi kondisi darurat. Kita berharap dengan kerjasama dalam latihan ini dapat meningkatkan profesionalisme dalam melaksanakan tugas pokok jelasnya.

Sementara itu GM PT. Angkasa pura BIM Asep Supriatna menambahkan, kegiatan ini dilakukan untuk mengecek keandalan personil, peralatan keselamatan, dan sebagai proses pembelajaran agar semua personil siap dengan kondisi terkini di lapangan. Selain itu kegiatan PKD ini juga untuk mengevaluasi Standar Operasional Prosedur (SOP) serta merupakan sarana bagi seluruh petugas bandara untuk menguji coba sekaligus mengevaluasi fungsi-fungsi koordinasi, komunikasi, dan komando antar unit sesuai Airport Emergency Plan (AEP) dan Airport Security Program (ASP) yang telah dibuat, tambahnya,

Latihan PKD ini melibatkan 500 personil. Di anataranya berasal dari TNI AU, Dishub Kota Ambon, BMKG, Basarnas, Pemadam Kebakaran Kota Padang Pariaman, Polsek Bandara BIM, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara BIM. Kegiatan PKD yang dilakukan di Bandara BIM rencananya tidak hanya simulasi kecelakaan pesawat tetapi juga simulasi ancaman gamngguan keamanan dan juga kebakaran di area bandara.”Semua simulasi yang dilakukan berjalan dengan lancar, personil sigap menangani keadaan yang darurat, peralatan keamanan juga dapat difungsikan dengan baik. Dalam skenario latihan Penanggulangan Keadaan Darurat tersebut, tercatat waktu tanggap darurat dua menit 15 detik yang berarti waktu tanggap darurat ini lebih baik dari standar yang ditetapkan International Civil Aviation Organization (ICAO) yaitu 3 menit.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Lanud Padang Adakan Gladi Latihan Bersama PKD Di Bandara Bim