Berita

LANUD PADANG DAN BANDARA BIM GELAR GELAR LATIHAN PKD BERSAMA

Dibaca: 29 Oleh 05 Jul 2013Tidak ada komentar
Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala
#TNIAU 

Lanud Padang dan Bandara Internasional Minangkabau menggelar latihan bersama Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) di area apront BIM Padang Pariaman Sumatera Barat, Kamis (4/7). Menurut Komandan Lanud Padang Ltk Pnb HKD Handaka, S.sos menjelaskan latihan bersama Penanggulangan Keadaan Darurat yang di gelar hari ini bertujuan untuk meningkatkan professional bagi prajurit Lanud Padang maupun personil Bandara dalam situasi emergancy.

Seperti kita ketahui Musibah penerbangan tidak dapat ditanggulangi sepenuhnya oleh salah satu unit fungsional dan harus dilakukan secara tim yang terbentuk dalam organisasi penanggulangan gawat darurat. Untuk memahami fungsi, tugas dan tanggung jawab dalam penanggulangan gawat darurat di Lanud maupun di bandar udara dan sekitarnya harus mengerti prosedur dan latihan yang berkelanjutan seperti ini jelasnya.

Pelayanan jasa penerbangan dan kebandarudaraan tidak terlepas dari peran serta instansi / unit fungsional kerja terkait di dalam maupun di luar bandara.Keberhasilan penanggulangan gawat darurat dapat terwujud bila didukung dengan adanya Airport Emergency Plan.

Dalam kegiatan penanggulangan kedaaan gawat darurat / siaga di Bandar Udara perlu dibentuk organisasi tim yang meliputi seperti, Komite Penanggulangan Keadaan Darurat ( airport emergency committee) sebagai pengendali di Pusat Pengendali Krisis (emergency operation centre) , terdiri dari berbagai unsur-unsur pimpinan instansi terkait dalam Penanggulangan keadaan darurat baik di dalam maupun di luar bandar udara.

Baca juga:  SISWA SMK MUHAMMADIYAH SALATIGA KUNJUNGI LANUD ISWAHJUDI

Penetapan struktur organisasi komite tersebut ditentukan melalui rapat dan kemudian dilanjutkan dengan rencana penerbitan dokumen perencanaan penanggulangan keadaan darurat pada suatu bandar udara. Sedangkan susunan keanggotaan komite penanggulangan keadaan darurat sebagaimana dimaksud paling sedikit terdiri dari seorang ketua merangkap anggota, seorang wakil ketua merangkap anggota, dan anggota sesuai unit/instansi yang akan terlibat dalam penanggulangan keadaan darurat.

Dalam latihan ini melibatkan beberapa instansi antara lain Unit/instansi yang berada di bandar udara, antara lain, Instansi bea cukai, karantina, imigrasi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, Unit Pelayanan Lalu Lintas Penerbangan, Unit Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran, Unit Pengamanan Bandar Udara, Instansi kantor Kesehatan Pelabuhan, Unit Poliklinik Bandar Udara, Unit Bidang Transportasi, Perwakilan badan usaha angkutan udara/operator pesawat udara,Instansi Kepolisian Bandar Udara. Dalam latihan PKD ini 500 personil lebih di kerahkan untuk mengatasi situasi darurat yang di simulasikan adanya kebakaran sebuah pesawat dari maskapai penerbanagan sipil.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel