Berita

LANUD PADANG DI JADIKAN PUSAT GELAR PRA LAT CTX 2014

Dibaca: 7 Oleh 10 Mar 2014Tidak ada komentar
Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala
#TNIAU 

Lanud Padang di jadikan gelar Pra Latihan. Field Training Exercise Mentawai Megathrust Disaster Relief Exercise (CTX) 2014 bertempat di apron Lanud Padang Sumatera Barat. Sabtu, (8/3). Bertindak sebagai Inspektur upacara Gubernur Sumbar Irwan Prayitno secara resmi membuka acara ini. Sebanyak 2000 lebih personil TNI, BNPB,Kepolisian, Basarnas, PMI maupun relawan lainya turut serta dalam kegitan tersebut.

Gubernur Sumbar menjelaskan kegiatan apel bertujuan untuk mengetahui kesiapan dan ketersediaan personel maupun peralatan yang akan digunakan dalam event Mentawai Megathrust relief exercise di Sumatera Barat. Lebih lanjut di katakan Mentawai merupakan salah satu daerah yang rawan Tsunami, sehingga pemerintah mengambil tindakan nyata yaitu kegiatan latihan bersama penanggulanggan bencana di tingkat lokal, nasional, regional dan internasional.

Latihan bersama akan dilaksanakan pada tanggal 16-23 Maret 2014 mendatang diikuti sekitar 18 negara sahabat dinamakan Mentawai Megathrust Disaster Relief Exercise (Direx)”, bertema Strengthening Collaboration and Partnership in Disaster Response to Build a Resilient Region jelasnya.

Sementara itu Danlanud Padang Ltk HKD Handaka, Ssos, MM menambahkan apel gelar perlengkapan ini diikuti sekitar 2000 personel dari berbagai instansi terkait seperti TNI-Polri Padang, Satkomlek Mabes TNI, Personel Kesehatan Lapangan (Keslap), Tim Basarnas, Tim BNPB, juga kementerian pemerintah seperti Kemensos, Kemen PU, Kemen Kes, Kemenkominfo.

Baca juga:  Hut Pom AU Ke-69 Di Lanud Sim

Sedangkan peralatan yang ditampilkan seperti Mobil Komob PLLU, Kendaraan berat beserta peralatan pertolongan bencana, tenda lapangan beserta alat pertolongan korban bencana alam, alat komunikasi audio visual jarak jauh, alat penjernih air, mobil dapur umum dan lain-lainnya. Kita terus melakukan persiapan yang maksimal agar semua agenda latihan dapat berjalan lancar dan memiliki manfaat yang maksimal tambahnya.

Indonesia merupakan negara yang rawan bencana gempa bumi dan tsunami karena letaknya ada di antara tiga lempeng besar yaitu Euro Asia, Indo-Australia dan Pasifik. Untuk itu, pemerintah berupaya meningkatkan perlindungan bagi masyarakat di daerah-daerah rawan dengan melakukan berbagai upaya pengurangan resiko bencana.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel