Berita

LANUD PADANG GELAR KESIAPAN PENANGGULANGAN BENCANA

Dibaca: 4 Oleh 04 Des 2013Tidak ada komentar
Sukhoi Su-27
#TNIAU 

Lanud Padang menggelar apel kesiapan penanggulangan bencana “Mentawai Megathrust Direx tahun 2014” dengan melibatkan 1500 personil dari unsur TNI, BNPB, Basarnas, PMI, Tagana maupun relawan lainya di apron Lanud Padang Sumatera Barat. Rabu (4/12).

Hal tersebut merupakan upaya Pemerintah Indonesia melakukan latihan dalam mengurangi risiko akibat bencana yang memungkinkan terjadi di Seluruh wilayah tanah air, termasuk. Sumbar yang merupakan salah satu daerah yang mempunyai risiko tinggi terhadap gempabumi dan tsunami.

Kepala BNPB DR Syamsul Ma’arif, S,IP. Msi, mengatakan para ahli memprediksikan masih ada energi tersandera di sekitar Mantawai, jika terjadi gempa bumi dapat mencapai kekuatan 8,9 SR dan dapat memicu tsunami. “Megathrust Mentawai Direx tahun 2014” merupakan ancaman yg scientific-based dan telah menjadi perhatian para ahli dari berbagai bidang terkait, baik dari tingkat nasional maupun internasional, untuk itu, BNPB menyiapkan masterplan guna mengurangi dampak risiko bencana tsunami.

BNPB telah menyiapkan empat program utama yaitu penguatan rantai peringatan dini tsunami, pembangunan dan peningkatan tempat evakuasi sementara, penguatan kapasitas kesiapsiagaan dan pengurangan risiko bencana, serta pembangunan kemandirian kebencanaan, lanjut DR Syamsul.

Baca juga:  Kadispers Lanud Rsn, Kelulusan Terletak pada Kemampuan yang Dimiliki

Selain itu, Kepala BNPB DR Syamsul Ma’arif, S,IP. Msi dalam sambutannya di hadapan peserta latihan menjelaskan, latihan ini bertujuan untuk meningkatkan sistem peringatan dini dan sistem komando darurat yang juga melibatkan mekanisme untuk menerima bantuan internasional di Indonesia, baik bantuan dari sipil maupun militer.

Pada tingkat regional, latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan interoperabilitas dari berbagai prosedur di tingkat nasional, regional dan internasional. Sehingga dapat dicapai peningkatan koordinasi yang efektif dalam memobilisasi sumber daya dari kementerian yang terkait, lembaga dan organisasi di bawahnya dalam satu sistem komando darurat bencana alam dan peningkatan mekanisme komando, kendali, komunikasi dan koordinasi, dalam konteks sipil-militer serta peningkatan mekanisme dari pemangku kepentingan (pemerintah, masyarakat, sektor swasta, dll) dalam menerima bantuan, tambah DR Syamsul.

Sementara Danlanud Padang Ltk HKD Handaka, S,sos MM menambahkan, kegiatan latihan penanggulangan bencana yang bertajuk “Menthawai Megathrust Direx tahun 2014” yang diselengarakan di Lanud Padang ini merupakan kegaiatan operasi Militer selain perang dan direncanakan akan melibatkan banyak alutsista yang di miliki TNI maupun peralatan milik sipil akan kami dukung secara maksimal hingga terpenuhi target latihan secara optimal.

Baca juga:  JABATAN SATU DIREKTUR DAN DUA KADEP SESKOAU DISERAHTERIMAKAN

Dalam latihan tersebut, selain dilaksnakan apel kesiapan juga gladi posko dengan perlengkapan yang dimiliki seperti kesehatan lapangan, dapur umun, SAR, Damkar dan penyulingan air bersih.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel