Berita

LANUD PADANG GELAR TABUR BENIH IKAN

Dibaca: 8 Oleh 05 Jul 2013Tidak ada komentar
9b842766a265b99c2bf19666b186f743
#TNIAU 

Dalam rangka memperingati hari bakti TNI Angkatan udara ke-66 yang jatuh pada tanggal 29 Juli Lanud Padang menggelar kegiatan tabor beih ikan di kolam area Driving Range Lanud Padang Sumatera Barat, Kamis (4/7).

Menurut Komandan Lanud Padang Ltk Pnb HKD Handaka, S.sos menjelaskan aksi tabur benih ikan yang dilakukan pada hari ini bertujuan untuk memaksimalkan banyaknya lahan tidur menjadi area produktif dengan membuat kolam ikan. Bibit ikan yang kita tabur bermacam macam dari jenis ikan mas, mujaher, nila hingga ikan gabus. Selain menambah asri lingkungan usaha ini juga dapat di jadikan wisata alternatif serta di harapkan dapat meningkatkan kesejahteraan bagi anggota Lanud Padang jelasnya.

Untuk menabur benih perlu diperhatikan pemilihan benih yang sehat, ciri benih yang sehat yaitu gerakan renangnya loncah, sisik mengkilap, bebas penyakit dan ukurannya seragam. Benih yang kurang seragam menyebabkan persaingan mendapatkan makanan dan ruang gerak. Ikan yang lebih besar dipastikan akan tumbuh lebih cepat, sementara yang kecil akan kecil terus dan tidak berkembang.

Baca juga:  Exit Briefing Wasrikkap Itkoopsau 1 di Lanud BNY

Ada beberapa jenis gurame yang sudah dikembangkan, sepeti paris, safir, merah, jepang, dan soang. Setiap jenis memiliki kelebihan masing-masing. Yang perlu diperhatikan adalah asal benih. Usahakan tidak auh dari lokasi yang akan ditabur benihnya agar benih tidak mabuk selama pengangkutan. Penebaran dilakukan pada pagi atau sore hari saat cuaca redup sehingga penyesuaian berlansung lebih cepat dan menghindari benih stress.

Cara memasukkan beni ke kalam yaitu masukkan kantung yang berisi ikan secara berlahan-lahan ke dalam kolam, biarkan beberapa saat agar suhu kantung sama dengan air kolam, buka kantung lalu tuangkan airnya dan biarkan benik berenang sendiri. Hadir dalam acara tersebut Para Kadis, Perwira, Bintara, Tamtama dan Pns Lanud Padang serta sejumlah Pejabat Pemprov Sumbar.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel