Berita

LANUD PADANG IKUTI RAKOR PENEGAKAN HUKUM DI SUMBAR

Dibaca: 9 Oleh 16 Feb 2012Tidak ada komentar
21722ef118dabb8b34f8ca385dddf40d
#TNIAU 

Sinkronisasi pelaksanaan sistim peradilan pidana terpadu dalam rangka mewujudkan penegakan hukum yang berkeadilan adalah tema rapat koordinasi pemantauaan dan pemantapan hasil evaluasi Dilkumjakpol (Pengadilan, Kanwil Kementerian Hukum dan HAM, Kejaksaaan dan Kepolisian ) se-Sumatera Barat yang berlangsung di Hotel Pangeran beach Padang Sumatera Barat, Selasa (14/2).

Menurut Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara Padang Letnan Kolonel Pnb Fairlyanto, ST., yang hadir dalam acara tersebut mengatakan bahwa penegakan hukum di wilayah nasional bukan hanya di wilayah darat namun meliputi wilayah laut dan udara menjadi tanggung jawab bersama.

Upaya penegakan hukum termasuk penegakan hukum di wilayah udara yang di lakukan Lanud Padang bertujuan untuk menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di wilayah udara Sumatera Barat.

Saat ini Lanud padang memiliki tugas pokoknya mendukung operasi penerbang patroli pulau terluar menggunakan pesawat Intai yang bertugas memantau semua aktifitas di sepanjang perairan Sumatera barat.

Apabila dalam pelaksanaan patroli ditemukan adanya tindak pelanggaran seperti penerbangan gelap tidak memiliki ijin resmi (Black Flight), illegal fisshing, illegal logging, maupun tindakan illegal lainya akan dikoordinasikan dengan instasi terkait dalam penangananya.

Baca juga:  Penegakkkan Disiplin di Mako Korpaskhas

Melalui rapat koordinasi ini diharapkan akan mendapatkan masukan yang positip untuk mengatasi kendala di lapangan sehingga akan didapat hasil kerja yang optimal dalam tugas untuk mengabdi kepada bangsa dan negara tegasnya.

Dengan koordinasi seperti ini diharapakan adanya satu pemahaman dan visi dalam upaya penegakan hukun yang berlandasan Undang-undang yang ada. Hal ini dimaksudkan sebagai evaluasi terhadap pelaksanaan Rakor Dilkumjakpol tahun 2012 dan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi yang berkaitan dengan penegakan hukum dalam kerangka Tata Peradilan Pidana Terpadu (Intergrated Criminal Justice System) dan Pelaksanaan Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP).

Acara rakor Dilkumjakpol tahun 2012 dibuka secara resmi oleh Asisten Menkumham bidang hukum lingkungan dan pertanahan Drs Muhamad Suep ditandai dengan ketukan palu di mimbar. Hadir dalam acara rakor Gubernur Sumatera Barat, Kajati Sumbar, Ketua Pengadilan Tinggi Sumbar, Kapolda, Danlantamal, pejabat TNI dan Polri se-Sumbar serta beberapa instansi pemerintah di Sumatera Barat.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel