Berita

Lanud Padang: KOORDINIR KEDATANGAN BANTUAN UNTUK KORBAN BENCANA

Dibaca: 8 Oleh 17 Mei 2010Tidak ada komentar
M 458 NA B 25 Mitchell Indonesian Airforce 7168661149
#TNIAU 

Pasca bencana gempa bumi melanda Ranah Minang, berbagai bantuan mengalir dari berbagai pelosok negeri. Bahkan bantuan untuk korban bencana gempa bumi ini juga datang dari berbagai Negara asing. Sebagian besar bantuan tersebut datang dengan menggunakan transportasi udara. Pangkalan TNI AU Padang yang merupakan pangkalan Udara militer yang berada di kota Padang merupakan instansi yang mempunyai peran sangat penting dalam mengkoordinir maupun mengendalikan setiap pesawat terbang, baik pesawat terbang yang membawa bantuan dengan menggunakan pesawat militer maupun pesawat sipil yang datang ke Padang untuk membawa bantuan bagi korban bencana alam gempa bumi tersebut.

 

Danlanud Padang, Letkol Pnb Renalda T Damanik langsung memerintahkan seluruh anggota Lanud Padang untuk melaksanakan tugas pengaturan pesawat terbang yang akan mendarat di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) yang datang membawa bantuan untuk korban bencana alam gempa bumi. Selain itu Danlanud juga memerintahkan anggota Lanud melaksanakan pengkoordiniran seluruh barang bantuan yang datang yang bertempat di hangar BIM.

 

Baca juga:  Kebersihan, kerapian dan keindahan untuk Menumbuhkan kebanggaan dan semangat kerja

Pelaksanaan tugas yang diperintahkan Danlanud tersebut dibagi menjadi beberapa bagian, bagian pertama adalah anggota yang mempunyai kualifikasi operasi penerbangan, dalam hal ini adalah anggota Baseops. bagian satu ini bertugas mengatur dan membantu pendaratan seluruh pesawat yang membawa bantuan baik pesawat yang datang dari dalam negeri maupun yang datang dari luar negeri. Pelaksanaan tugas Tim satu ini dilaksanakan dengan melakukan kerjasama dengan pihak Bandara Internasional Minangkabau (BIM).

 

Sedangkan untuk bagian kedua melaksanakan tugas penerimaan dan pendataan seluruh barang-barang bantuan yang datang. Pada pelaksanaan pengaturan barang-barang yang datang tersebut melibatkan seluruh personil Lanud Padang, termasuk pelaksanaan unloading barang dari pesawat dan dibawa ke hanggar. Setiap barang yang masuk langsung didata dan dicocokkan dengan manivest. Setelah barang ditumpuk dihanggar, barang barang tersebut diserahkan atau diambil oleh instansi lain yang bertugas dalam pendistribusian barang kedaerh-daerah yang ditimpa bencana. Penyerahan barang ke instansi tersebut dilengkapi dengan bukti pengambilan barang.

 

Pelaksanaan tugas-tugas tersebut dilaksanakan selama 24 jam, karena barang-barang bantuan yang datang melalui pesawat udara terus berdatangan baik pada siang hari maupun malam hari, sehingga dari pagi hingga besok paginya personil Lanud Padang tetap melaksnakan pengaturan pesawat yang datang dan pengkoordiniran barang-barang yang masuk.

Baca juga:  ASOPS KASAU KUNJUNGI LANUD ABD

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel