Berita

Lanud Pattimura Bakti Sosial di Moa Maluku Barat Daya

Dibaca: 42 Oleh 28 Agu 2017Tidak ada komentar
TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Komandan Lanud Pattimura Kolonel Pnb Aldrin P. Mongan, S.T., M.Hum., berserta jajaran bekerjasama dengan Yayasan Kemanusiaan Indonesia (YKI) berpusat di Bali, John Fawcett Foundation (JFF) mengadakan Bakti Sosial berupa pengobatan gratis di Kota Tiakur, Pulau Moa Maluku Barat Daya, selama lima hari hingga Sabtu (26/8) lalu.

Sebanyak 2.486 pasien berhasil ditangani, diantaranya pelayanan pemeriksaan mata, terdiri sebanyak 38 pasien, 150 pasien operasi katarak, pemberian obat tetes mata kepada 1.010 orang pasien, pembagian kacamata kepada 1.476 orang. Sedangkan pengobatan umum sebanyak 500 orang pasien, penyakit dalam sebanyak 250 orang pasien.

Kegiatan Bakti Sosial pelayanan kesehatan berupa Operasi Katarak, Pemeriksaan Mata, Pengobatan Umum, serta Pembagian Kacamata Gratis sangat membantu dan bermanfaat bagi warga Tiakur Pulau Moa Maluku Barat Daya, yang sangat jauh dari pusat pemerintahan Kabupaten maupun Provinsi.

Bakti sosial kesehatan ditangani empat tenaga dokter spesialis, dibantu 35 orang tenaga medis dan tenaga pendukung yang dilengkapi dengan sejumlah peralatan medis yang telah disiapkan oleh tim Baksos gabungan ini.

Baca juga:  WAGUB LEPAS KOLONEL TEK AGUS YULIANTO

“Dari data yang ada berdasarkan riset kesehatan dasar 2013 yang dikeluarkan Pusat Data Dan Informasi Kementerian Kesehatan RI, prevalansi katarak 0,1 persen pertahu, diantara 1.000 orang terdapat satu penderita katarak baru”, ungkap Danlanud Pattimura, Kolonel Pnb Aldrin Petrus Mongan, S.T., M.Hum. dalam sambutannya pada saat pembukaan di Rumah Sakit Daerah Moa, Kamis (24/8).

Kegiatan Bakti Sosial Kesehatan ini guna mendukung program pemerintah dalam mengatasi katarak blok yang saat ini sudah sangat parah sekaligus sebagai kegiatan Corporate Social Responsibility.

“Tentunya masalah kesehatan terutama katarak tidak hanya menjadi masalah medis atau klinis, namun memasuki ranah sosial yang sangat mengganggu produktivitas, kinerja, dan mobilitas penderitanya yang dapat menimbulkan dampak sosial ekonomi bagi lingkungan, keluarga, masyarakat, dan negara”, ujar Danlanud.

“Saya berterima kasih kepada Danlanud Pattimura dan jajaran serta kepada tim dokter, ini sangat membantu sehingga kami bisa mendapatkan pengobatan secara gratis”, ujarnya seorang pasien katarak.

Wakil Bupati Maluku Barat Daya dalam sambutannya mengatakan, pemerintah daerah Maluku Barat Daya sangat mendukung dan memberikan apresiasi dengan dilakukannya kegiatan Bakti Sosial Kesehatan di wilayah kami.

Baca juga:  Penutupan Diklat Bina Karakter SMA Talenta Bandung

Momen ini membuktikan bahwa jajaran Lanud Pattimura terus berkomitmen untuk mendukung program pembangunan kesehatan di Maluku dan sekitarnya, karena sejatinya upaya meningkatkan dejarat kesehatan masyarakat Maluku yang merata dan berkesinambungan.

“Kita berharap, aksi sosial ini tidak hanya dimaknai sebagai aktivitas seremonial tetapi lebih dari itu, kegiatan ini harus mampu membangitkan kepedulian dan kesadaran kolektif seluruh pemangku kepentingan dan warga masyarakat, untuk terlibat secara proaktif dalam meningkatkan dejarat kesehatan dari kualitas hidup masyarakat,” ungkap Wakil Bupati Maluku Barat Daya.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel