Berita

Lanud Pattimura Ikut Partisipasi Dalam Penanaman 1000 Terumbu Karang Di Laut Ambon

Dibaca: 1 Oleh 18 Agu 2015Tidak ada komentar
c130 hercules indonesian air force approaching
#TNIAU 

Upaya pelestarian terumbu karang di Teluk Ambon dilakukan Danlanud Pattimura Kolonel Pnb Ir Bob Henry Panggabean bersama Gubernur Maluku Said Assagaff,dan didampingi 200 penyelam dari Marinir Mereka melakukan penanaman terumbu karang di kawasan perairan Tapal Kuda, Teluk Ambon, Maluku, Sabtu (15/8).

“Saya merasa bangga dapat terlibat langsung bersama personil Marinir serta komunitas selam di Ambon dalam program ini. Apalagi Ambon menjadi salah satu dari tiga lokasi penanaman yang disiarkan secara langsung melalui stasiun televisi SCTV,” ujar Danlanud Pattimura.

Dalam Sambutan Gubernur Beliau Menyampaikan kita sudah melaksanakan penanaman terumbu karang dan penebaran bibit sekaligus merayakan HUT RI ke 70, HUT Maluku ke 70, dan HUT Kota Ambon. terumbu karang yang ada di Maluku lebih dari 60% rusak dan kedepan kita akan mulai membangun Maluku sektor laut. mari kita dukung pemerintah untuk bersama – sama merajut pemandangan bawah laut dan bersama – sama generasi muda untuk meningkatkan pendapatan masyarakat Maluku. hari ini kita canangkan dibawah laut kedepan kita tanamkan di otak generasi muda untuk membangun Maluku lebih maju dan lebih sejahtera. pada hari senin kita akan mengibarkan bendera di bawah laut

Baca juga:  Letkol Pnb Andi Nur Abadi, Pabing Terbaik Sekkau

konservasi terumbu karang di tanah air termasuk di Maluku, perlu terus dilakukan, demi melestarikan potensi sumber daya hayati laut.

“Luasan terumbu karang di Maluku sangatlah luas dan sebagian besar masih alamiah dan terpelihara dengan baik. Tetapi konservasi seperti aksi penanaman terumbu karang ini harus terus digalakkan karena menjadi rumah bagi perkembang biakan berbagai jenis ikan bernilai ekonomis,” katanya.

Penyelaman untuk penanaman terumbu karang di perairan Tapal Kuda tersebut dilakukan pada kedalaman 9,5 meter hingga 14 meter dibawah permukaan laut.

Kegiatan penanaman tersebut tidak berlangsung lama karena arus yang mulai kencang di kawasan perairan Tapal Kuda. Apalagi lokasi lokasi penyelaman dan penanaman terumbu karang tersebut berada di tebing karang.

Penanaman satu juta terumbu karang secara nasional dipusatkan di tiga wilayah, yaitu wilayah Barat dipusatkan di pantai Gapang, Sabang, Aceh, Pantai Malalayang, Manado (Sulawesi Utara), dan Tapal Kuda, Kota Ambon, provinsi Maluku untuk wilayah Timur.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel