Berita

LANUD PEKANBARU GELAR LATIHAN FORCE DOWN

Dibaca: 9 Oleh 30 Jun 2011Tidak ada komentar
2015 06 02 00002
#TNIAU 

Pangkalan TNI AU Pekanbaru merupakan salah satu Pangkalan Induk yang berada di jajaran Koopsau I yang memiliki kemampuan untuk dapat melaksanakan Operasi pertahanan udara, sehingga segala bentuk pelanggaran wilayah udara yang berada di wilayah tanggung jawab Lanud Pekanbaru dapat diatasi secara optimal. Untuk mendukung pelaksanaan tugas tersebut, Lanud Pekanbaru menggelar latihan Force Down yang di pimpin oleh Kepala Dinas Operasi (Kadisops) Lanud Pekanbaru, Letkol Pnb Azhar Aditama dan di laksanakan di Aproon Base Ops Lanud Pekanbaru, Selasa (28/6).

Latihan Force Down yang merupakan rangkaian latihan Bido Gesit 2011 tersebut, diskenariokan adanya pesawat asing yang memasuki wilayah udara Indonesia tanpa ijin, mendapat informasi tersebut, Skadron Udara 12 yang mengawaki pesawat Hawk 100/200 diperintahkan melaksanakan intercept kesasaran, setelah di intercept, pesawat asing tersebut diperintahkan untuk mendarat di Lanud Pekanbaru, apabila tidak mengindahkan perintah tersebut, Hawk 100/200 yang dilengkapi dengan persenjataan lengkap siap menghancurkan sasaran di udara. Disimulasikan pesawat asing tersebut merupakan pesawat Hawk 200 yang dipiloti oleh Lettu Pnb Made sedang melakukan pengintaian udara diwilayah Riau, setelah dipaksa mendarat di Lanud Pekanbaru, pilot pesawat asing tersebut diinterogasi oleh satuan Intelpam dan Polisi Militer Lanud Pekanbaru.

Baca juga:  Halal Bihalal Dan Olahraga Bersama Yonko 465 Paskhas / Brajamusti

Pada rangkaian latihan puncak Lanud Pekanbaru ”Bido Gesit 2011”, juga dilaksanakan Operasi Dukungan Udara berupa latihan kesiapan Crash Team Dukops Lanud Pekanbaru maupun Skadron Udara 12 beserta Rumkit Lanud Pekanbaru serta kesiapan dalam penanggulangan kebakaran. Diasumsikan Dalam pelaksanaan serangan udara, ada pesawat yang tertembak dan penerbang melaksanakan eject dan segera di laksanakan SAR tempur untuk menyelematkan penerbang yang terkena musibah dan melaksanakan pertahanan di masing-masing titik pertahanan, serta di gelar pertahanan Hanud di titik yang telah ditentukan untuk menangkis serangan udara musuh.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel