Berita

LANUD PEKANBARU KEBANGGAAN MASYARAKAT PROVINSI RIAU

Dibaca: 35 Oleh 23 Sep 2010Tidak ada komentar
21722ef118dabb8b34f8ca385dddf40d
#TNIAU 

Lanud Pekanbaru yang awal mulai dibangunnya pada tahun 1930 dengan nama Pelabuhan Udara Simpang Tiga (pada masa penjajahan Belanda), sudah menjadi kebanggaan seluruh masyarakat provinsi Riau, dilihat dari nilai historisnya keberadaan Pelabuhan Simpang Tiga tersebut memiliki peran yang sangat strategis. Pada masa penjajahan Belanda Pelabuhan Simpang Tiga dijadikan sebagai pusat perhubungan dan perdaganagan serta pelabuhan militer guna memperlancar hubungan dengan dunia luar maupun mengangkut hasil bumi ke negerinya, sedangkan pada masa pendudukan Jepang Pelabuhan Simpang Tiga merupakan basis Angkatan Udara Jepang guna mengoperasikan pesawat-pesawatnya dalam upaya memperkuat sekaligus mempertahankan wilayah jajahannya. Jepang menilai Pelabuhan Simpang Tiga merupakan kunci Selat Malaka, demikian disampaikan Danlanud Pekanbaru, Kolonel Pnb Nanang Santoso pada Kunjungan Kerja Komisi A DPRD Provinsi Riau di Lanud Pekanbaru, Rabu, (22/9).

 

Lebih lanjut Danlanud dalam paparannya menyampaikan tentang pentingnya keberadaan Lanud Pekanbaru, bukan saja mengandung nilai historis yang sangat tinggi namun dari aspek geografis posisi Lanud Pekanbaru sangatlah strategis karena berbatasan langsung dengan beberapa Negara lain, sehingga berdampak terhadap rawannya terjadi pelanggaran kedaulatan Negara di wilayah udara Indonesia. Lanud Pekanbaru yang merupakan satu-satunya Pangkalan Induk TNI Angkatan Udara di pulau Sumatera merupakan ujung tombak TNI Angkatan Udara dalam menegakkan kedaulatan Negara di wilayah udara bagian barat Indonesia, untuk itu kesiapan dan kemampuan Lanud Pekanbaru yang saat ini mengoperasikan pesawat tempur jenis Hawk 100/200 harus tetap terus ditingkatkan dengan melaksanakan pembinaan-pembinaan dan latihan-latihan setiap harinya, demikian ditegaskan orang nomor satu di jajaran Lanud Pekanbaru kepada rombongan Komisi A DPRD provinsi Riau.

Baca juga:  DANWINGDIKUM TUTUP PENDIDIKAN SUSPA BINPERS ANGKATAN KE-9

 

Kunjungan kerja Komisi A DPRD yang membawahi masalah pemerintahan dan hukum ke Lanud Pekanbaru tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Komisinya, Bagus Santoso, S.Ag MP, dalam sambutannya Bagus Santoso menyampaikan tentang ruang lingkup tugas yang yang dilaksanakan Komisi A termasuk terhadap Lanud Pekanbaru sebagai salah satu mitra kerja dari Komisi A DPRD propinsi Riau. Adapun mengenai tujuan kunjungan kerja tersebut selain untuk mengetahui perkembangan Lanud Pekanbaru juga bertujuan sebagai wadah untuk menampung segala masukan dan aspirasi dari Danlanud Pekanbaru, yang nantinya akan dibahas ditingkat pimpinan DPRD dan akan disampaikan kepada pemerintah daerah provinsi Riau.

 

Pada kesempatan tersebut ketua Komisi A dan rombongan meninjau langsung ke Skadron Udara 12 yang pada saat tersebut sedang melaksanakan latihan terbang rutin, selain itu rombongan juga berkunjung ke Hanggar Skadron Teknik 045 melihat secara langsung teknisi pesawat sedang melaksankan pemeliharaan/perawatan pesawat Hawk 100/200. Acara yang berlangsung dalam suasana penuh keakraban tersebut berlangsung dari pagi hingga siang harinya. Pada kesempatan tersebut Danlanud didampingi oleh seluruh kepala dinas dan seluruh komandan satuan jajaran Lanud Pekanbaru.

Baca juga:  Upacara Dan Syukuran Kenaikan Pangkat

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel