Berita

LANUD PEKANBARU PEDULI KEINDAHAN KOTA

Dibaca: 57 Oleh 20 Mei 2010Tidak ada komentar
Sukhoi Su-27
#TNIAU 

Untuk lebih memperindah kota Pekanbaru khususnya di kawasan jalan Sudirman, Pangkalan TNI AU Pekanbaru melakukan pengecatan ulang tugu pesawat tempur jenis F-86 Sabre, tepatnya di bundaran jalan  Sudirman dan jalan Gajah Mada, Senin (1/2)

Danlanud Pekanbaru, Kolonel Pnb Nanang Santoso mengatakan bahwa, pelaksanaan pengecatan tugu pesawat tersebut akan mengembalikan warna pesawat F-86 Sabre kewarna asal yaitu silver dengan strip merah/orange tujuannya untuk memperindah kawasan kota dan membangkitkan kembali nilai sejarah bahwa Pekanbaru merupakan salah satu Kota perjuangan yang menjadi sarangnya pesawat tempur yang ada di Indonesia, khusus di pulau Sumatra.

Keberadaan tugu pesawat tempur jenis F-86 Sabre ini juga menjadi andil yang sangat besar terbentuknya Skadron Udara 12 Lanud Pekanbaru yang saat ini mengawaki pesawat jet tempur Hawk 100/200 yang merupakan tulang punggung kekuatan udara wilayah barat Indonesia. Ditempatkannya Skadron Udara tempur di Lanud Pekanbaru merupakan suatu kehormatan bagi masyarakat Provinsi Riau, karena pada awalnya di Lanud Pekanbaru tidak ada Skadron Udara, pesawat-pesawat tempur jenis A4 Skyhawk yang ada pada saat itu hanya standby operasi saja.

Baca juga:  Casis Tamtama PK TNI AU Gel III, Bersaing Jadi Terbaik.

Mengingat begitu strategisnya wilayah kota Pekanbaru maka, diambil keputusan untuk membentuk satu Skadron Udara tempur dengan pesawat A-4 Skyhawk sehingga Skadron Udara tempur ini mampu mengawal dirgantara di wilayah Barat Indonesia. Pada tahun 1996 pesawat tempur A4 Skyhawk diregenerasi dengan pesawat Hawk 100/200 yang hingga saat ini menjadi andalan pertahanan udara khususnya di pulau Sumatera.

Keberadaan Skadron udara ini tentunya menjadi kebanggaan bagi masyarakat Pekanbaru karena keberadaan Skadron Udara 12 yang mengawaki pesawat tempur ini merupakan satu-satunya yang ada di pulau Sumatera sebagai satuan tempur pengawal dirgantara Indonesia. 

Pengecatan yang dilaksanakan oleh anggota Skadron Teknik 045 Lanud Pekanbaru dan atas seijin dari Gubernur Riau dalam hal ini melalui Sekda Provinsi Riau.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel