Berita

LANUD RANAI DISERANG GPK

Dibaca: 3 Oleh 23 Des 2010Tidak ada komentar
Sukhoi Su-27
#TNIAU 

Gerakan Pengacau Keamanan (GPK) ekstrim kiri diperkirakan berjumlah 50 orang dengan bersenjata AK-47 akan menyerang Lanud Ranai, Adapaun obyek vital yang akan di duduki Gudang Senjata, Bandara dan Markas Lanud, informasi didapat dari Intelpam Lanud Ranai selanjutnya Komandan Lanud Ranai Letkol Pnb Danang Setyabudi, memerintahkan Kepala Dinas Operasi Mayor Pom Adi Wijaya segera mengerahkan dan menempatkan Pasukan Lanud Ranai untuk mempertahankan obyek-obyek vital yang ada di Lanud Ranai.  Kamis (23/12) Pukul 05.10 dini hari GPK melakukan penyerangan dari arah pantai dan terjadilah baku tembak antara pasukan Lanud Ranai dengan musuh, mendapat tekanan pasukan Lanud Ranai yang terdiri dari 3 peleton (Ton Elang, Ton Garuda, Ton Rajawali) mengubah strategi, Ton Garuda mundur agar musuh akan maju, lantas Ton Elang dari arah kiri melambung dan Ton Rajawali melambung dari arah kanan setelah itu serangan frontalpun dilakukan pasukan Lanud Ranai, akhirnya musuh dapat dilumpuhkan.

 

Namun demikian pasukan terus menyisir daerah pertempuran serta menahan para pemberontak yang masih hidup dan mengevakuasi pasukan yang cedera. Selanjutnya pasukan Lanud Ranai melakukan konsolidasi dan evaluasi terhadap kejadian tersebut. Ternyata dari pihak Pasukan Lanud 7 orang mengalami cedera tetapi tidak ada korban jiwa sedangkan dari pihak Gerakan Natuna Merdeka ditemukan korban sebanyak 25 orang tewas dan 5 orang yang hidup dengan hasil rampasan sebanyak 30 pucuk senjata.

Baca juga:  DANLANUD PADANG TEGASKAN KENAIKAN PANGKAT BUKAN PERISTIWA TERJADI BEGITU SAJA

 

Demikian skenario latihan Pertahanan Pangkalan yang digelar oleh Ranai sebagai upaya untuk meningkatkan kesiapsiagaannya. .Kepala Dinas Operasi Lanud Ranai selaku Komandan Latihan menyampaikan bahwa latihan ini digelar untuk mengembalikan dan menyegarkan ingatan setiap prajurit Lanud Ranai dalam menghadapi segala macam ancaman.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel