Berita

Lanud Ranai “Tanam Mangrove Cegah Abrasi,Selamatkan Lingkungan”

Dibaca: 10 Oleh 17 Sep 2012Tidak ada komentar
IndonesianAF 1
#TNIAU 

Pangkalan TNI Angkatan Udara Ranai ikut serta menyukseskan program Badan Lingkungan Hidup (BLH) Pemerintah Kabupaten Natuna dalam Kegiatan “Pantai dan Laut Lestari” Natuna 2012 dengan melaksanakan penanaman 1000 pohon benih bibit pohon bakau/mangrove. Komandan Lanud Ranai Letkol Psk Tribowo Setyo Cahyono selaku Penanggungjawab penanaman di pesisir pantai Lanud Ranai, serta diikut oleh Bupati Natuna Drs. Ilyas Sabli Msi, yang diwakili oleh Asisten I Pemkab. Natuna Haidir Chandra, SKPD, Seluruh anggota Lanud, Mahasiswa, Pelajar, LSM dan Masyarakat Kabupaten Natuna. Jumat (14/9).

“Kabupaten Natuna salah satu wilayah kondisi geografis berbentuk kepulauan dengan pola hidup sebagian besar masyarakatnya adalah nelayan pesisir tradisional, kita semua patut merasakan bersyukur karena telah diberikarunia potensi yang melimpah,salah satunya kondisi pantai dan trumbu karang yang masih alami serta mengandung aspek-aspek yang dapat mendukung bidang perikanan dan pariwisata,” jelas Bupati Natuna Drs. Ilyas Sabli Msi dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten I Pemkab. Natuna Haidir Chandra

Lebih lanjut, Bupati menyampaikan, gelobang tinggi yang sering melanda di wilayah ini menyebabkan Abrasi pantai apabila tidak diambil tindakan kongkrit akan menyebabkan kurangnya luas wilayah daratan kabupaten Natuna khusunya. Untuk itu agar fungsi lingkungan pesisir dapat dilestarikan, perlu diambil langkah strategis langkah pengolahan lingkungan hidup untuk mewujudkan lingkungan yang lebih baik dan sehat berdasarkan ketentuan yang diwajibkan seluruh aktivitas agar selalu mengintergrasikan pengelolaan produksi ramah lingkungan.

Selain itu, Bupati mengatakan, melalui penanaman hutan mangrove ini dapat mencegah pengikisan garis pantai karena hutan mangrove ini akan mampu berperan sebagaimana pencegahan abrasi itu sendiri. Bupati juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat kabupaten Natuna bahwa pemeliharaan lingkungan bukanlah hanya tugas pemerintah daerah semata melainkan seluruh masyarakat memiliki tanggung jawab bersama, ujarnya.

Baca juga:  Kemampuan dan Keterampilan Konvensional Tunjang Keberhasilan Tugas

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel