Berita

Lanud Rembiga dan AP I Bil Latihan Penanggulangan Keadaan Darurat

Dibaca: 31 Oleh 14 Mei 2015Tidak ada komentar
Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala
#TNIAU 

Pesawat Angkasa Air jenis Boeing 737-400 dengan tail number PK-BIL meledak dan terbakar Runway Bandara Internasional Lombok (BIL), Rabu (13/5) Tiga orang penumpang dinyatakan tewas pada saat kejadian, dan puluhan lainnya mengalami luka ringan dan langsung di evakuasi ke sejumlah rumah sakit di Lombok.

Setelah mendengar informasi dari pihak Bandara mengenai terjadinya crash di runway BIL, personil Lanud Rembiga dengan sigap langsung meluncur ke lokasi begitupun dengan tim pemadaman dan pertolongan dari unit Rescue and Fire Fighting Service (RFFS) BIL, dibantu personil Lanud Rembiga, Basarnas dan KKP langsung bergerak dengan gesit melakukan operasi pemadaman dan pertolongan kepada para penumpang pesawat dan langsung mengevakuasi para korban ke rumah sakit terdekat..

Peristiwa tersebut hanyalah simulasi gelar latihan Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) pesawat udara yang dilaksanakan oleh manajemen Bandara Internasional Lombok bersama dengan Lanud Rembiga. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkecil akibat yang ditimbulkan dari suatu keadaan darurat, khususnya dalam penyelamatan jiwa manusia dan mempertahankan kelancaran operasi penerbangan. Selain itu latihan Penanggulangan Keadaan Darurat ini merupakankegiatan yang rutin diadakan oleh Angkasa Pura Airports sebagai komitmennya dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi para stakeholder. Komandan Lanud Rembiga Letkol Pnb Ardi Syahri, ST, MM,MMA mendukung penuh giat ini dan mengharapkan melalui latihan PKD ini personil di lapangan selalu sigap dan dapat berkordinasi secara cepat jika terjadi keadaan darurat seperti kecelakaan pesawat terbang yang sewaktu-waktu dapat terjadi.

Baca juga:  SIJAK UKP PERIODE APRIL 2012 DI LANUD HUSEIN

Latihan ini melibatkan 500 personel yang terdiri dari Lanud Rembiga, Bandara BIL, Dinas Pemadam Kebakaran, Polres Lombok Tengah, KKP, Basarnas, dan sejumlah rumah sakit di Lombok. Dalam latihan ini juga sekaligus digelar latihan anti terror dimana melibatkan satbrimobda polda ntb yang mensimulisasikan adanya ancaman terror di terminal BIL, namun semua dapat teratasi dengan aman dan kondusif berkat kesigapan seluruh personil keamanan baik dari Lanud Rembiga, Satbrimobda ntb maupun Avsec BIL.

Lanud Rembiga dan AP I Bil Latihan Penanggulangan Keadaan Darurat

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel